Kompas.com - 22/12/2021, 18:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan keberanian untuk mengambil sikap berhenti melakukan ekspor barang mentah harus dimiliki Indonesia.

Meski nantinya kalah dalam menghadapi gugatan berbagai negara di organisasi perdagangan dunia (WTO), Indonesia harus punya sikap.

"Keberanian-keberanian itu yang bikin kita dibanned di sini, di WTO kalah. Kalah enggak apa-apa," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada HUT ke-7 Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rabu (22/12/2021) yang ditayangkan secara virtual.

Baca juga: Jokowi: Jangan Tarik-tarik Indonesia ke WTO karena Setop Kirim Raw Material, Kita Akan Lawan

"Tetapi kalau kita tidak berani, kapan kita akan hilirisasi? Kalau kita ekspor barang jadi bisa 10 kali lipat nilai tambahnya," tegasnya.

Jokowi mencontohkan, hasil produksi nikel dan ditambah tembaga dapat berupa baterai lithium, baterai ion lithium, lithium mobil lsitrik, sodium ion dan sebagainya.

Kepala Negara pun mengungkapkan selama tiga tahun ini ekspor hasil pengolahan nikel Indonesia sudah melompat ke hampir Rp 280 triliun. 

Baca juga: Jokowi Sesalkan Indonesia Tidak Setop Ekspor Raw Material sejak Puluhan Tahun Lalu

Sehingga pada 2022 eksor hasil nikel Indonesia tak lagi defisit dengan negara lain.

"Kalau kita stop bauksit, timah, emas, kita tidak ada ada lagi ekspor raw material saya yakin kalau kita lakukan ini sampai 2023 gross domestic product kita di tahun 2030 sudah naik 3 kali lipat," ungkap Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.