Kompas.com - 21/12/2021, 10:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman melantik dan mengambil sumpah 999 perwira pertama dalam upacara prasetya perwira Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Praspa Diktukpasus) TNI AD tahun 2021 di Lapangan Wiradhika Secapa TNI AD, Bandung, Senin (20/12/2021).

Dalam amanatnya, Dudung mengatakan, sekolah pembentukan perwira untuk menjadikan pemimpin yang tangguh dan bisa diandalkan oleh TNI AD.

"Saudara senantiasa dituntut untuk dapat bersikap secara profesional, kreatif dan inovatif dalam mengemban tugas sehingga mampu menjawab tantangan yang semakin dinamis," ujar Dudung dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Dudung mengatakan bahwa ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pendidikan agar diimplementasikan di lapangan.

Baca juga: KSAD Ingatkan Prajurit Dukung Program Pemerintah

Ia berharap agar pola pikir, pola sikap dan pola tindak lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, Dudung menekankan, sebagai perwira, dalam melaksanakan tugasnya di kesatuan harus selalu memegang kode etik perwira "Budhi Bakti Wira Utama", 11 azas kepemimpinan, 13 prinsip kepemimpinan, dan 16 sifat kepemimpinan.

"Jadilah tauladan dan pemimpin yang mampu menjalankan peran sebagai komandan, guru, sahabat sekaligus orang tua bagi prajurit dan keluarganya. Ingatlah pemimpin yang hebat itu adalah pemimpin yang dicintai anak buahnya, akan lebih hebat lagi pemimpin juga mencintai anak buahnya," kata mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut.

Usai acara pembekalan, Dudung bersama rombongan menyempatkan berinteraksi dengan para perwira dan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan keluarganya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.