Survei Populi: Ganjar Jadi Tokoh dengan Potensi Dukungan Terbesar sebagai Capres 2024

Kompas.com - 20/12/2021, 16:46 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai berpotensi mendulang dukungan besar bila mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu diketahui berdasarkan survei yang dilakukan Populi Center pada 1-9 Desember 2021 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak di 34 provinsi.

Peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah menjelaskan, dari hasil survei tersebut, Ganjar mendapatkan persentase dukungan masyarakat paling tinggi, yakni sebesar 58,3 persen. Pada posisi berikutnya, ada Anies Baswedan dengan persentase sebesar 47,3 persen.

"Tentu, walau Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapat dukungan paling kuat, ini hanya potensi dukungan. Bukan elektabilitas. Karena ini masih bisa berkembang untuk ke depan," jelas Nurul dalam paparan hasil survei yang dilakukan secara daring, Senin (20/12/2021).

Tokoh dengan potensi dukungan terbesar ketiga yakni Prabowo Subianto dengan persentase 46,6 persen, di posisi keempat adalah Erick Thohir dengan persentase 27,5 persen, dan Puan Maharani dengan persentase 17,5 persen.

Baca juga: Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Anies Tertinggi Dibandingkan Ganjar dan Ridwan Kamil

Untuk diketahui, pertanyaan yang diajukan untuk mendapatkan jawaban terkait potensi dukungan sebagai Capres 2024 yakni 'Apakah Anda akan memilih tokoh berikut maju sebagai capres di tahun 2024?' dengan opsi jawaban 'Ya' dan 'Tidak'.

Lima tokoh itu disebutkan secara terpisah, sehingga ada kemungkinan responden memilih lebih dari satu nama.

"Karena tidak diharuskan memilih mana yang paling," jelas Nurul.

Adapun hanya lima nama yang digunakan pada survei tersebut, dengan pertimbangan, tiga nama teratas, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto adalah nama yang dianggap populer.

Kemudian, Erick Thohir adalah nama yang akhir-akhir ini kerap muncul di media massa sebabagi tokoh yang bakal diusung sebagai Capres 2024, sementara Puan adalah elit partai yang diperkirakan bakal diusung untuk Capres 2024 mendatang.

Baca juga: Survei Populi Center: Keyakinan Masyarakat terhadap Kemampuan Pemerintahan Tangani Pandemi Cukup Tinggi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.