Berhenti di Tengah Lintas Jalur, Bakamla Usir Kapal Tanker Yunani di Laut Banda

Kompas.com - 14/12/2021, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) KN Ular Laut-405 mengusir kapal berbendera Yunani yang berhenti di tengah lintas jalur kapal di sekitar Laut Banda, tepatnya di sebelah barat Pulau Buru, Maluku, Senin (13/12/2021).

Kabag Humas Bakamla Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menjelaskan bahwa pengusiran bermula dari adanya pergerakan janggal dari kapal tanker tersebut.

"Setelah didekati dan dilakukan komunikasi radio, kapal tersebut berhasil diusir keluar perairan Indonesia, kemarin," ujar Wisnu melalui keterangan tertulis, Selasa (14/12/2021).

Berdasarkan hasil komunikasi radio, diketahui bahwa kapal tersebut bernama lambung MT Maron Gass Olympias berbendera Yunani.

Baca juga: Filipina Usir Kapal Tempur Beijing di Laut China Selatan

Kapal tersebut berhenti di tengah-tengah jalur lintas kapal yang dapat mengganggu keamanan dan keselamatan lalu lintas kapal yang berlayar.

Wisnu menuturkan, kapten MT Maron Gass Olympias beralasan bahwa kapal berhenti dikarenakan menyesuaikan jadwal ketibaan di pelabuhan tujuan di Australia.

Namun hal tersebut tidak dapat dimaklumi karena berpotensi mengganggu ketertiban jalur lintas kapal.

"Menanggapi teguran dari KN Ular Laut-405, MT Maron Gass Olympias langsung mengubah halu ke barat dan meninggalkan Laut Banda menuju Australia," imbuh Wisnu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.