Kompas.com - 10/12/2021, 05:25 WIB
Deklrasi forum anak ledokombo yang diinisiasi oleh kampung belajar tanoker di Jember KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADIDeklrasi forum anak ledokombo yang diinisiasi oleh kampung belajar tanoker di Jember

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mendorong pembentukan Forum Anak di tingkat desa dan kelurahan.

Forum Anak merupakan wadah partisipasi untuk mendorong keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan anak, sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.

"Kami dorong ya terutama pada tingkat desa dan kelurahan karena baru mencakup tiga persen dari seluruh kelurahan dan desa yang ada di Indonesia," kata Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA Agustina Erni, dalam webinar Keterlibatan Pengurus Forum Anak dalam Proses Perencanaan Kebijakan di Indonesia, dikutip dari Antara, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Menteri PPPA Harap Forum Anak Dibentuk hingga Kecamatan dan Desa

Menurut Erni, Forum Anak telah dibentuk di 34 provinsi dan 458 kabupaten/kota. Namun ia menekankan pentingnya wadah bagi anak di tingkat desa dan kelurahan.

Sebab, desa dan kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil yang dinilai paling dekat dengan anak-anak.

"Kalau (Forum Anak) di tingkat provinsi sudah, kabupaten juga terus ditingkatkan. Tapi sekarang bagaimana kita mendorong (Forum Anak) di tingkat yang paling bawah," katanya.

Erni berharap  terdapat wadah anak untuk menyuarakan pendapat dan aspirasi di desa atau kelurahan.

Dia menambahkan, upaya untuk mendorong pembentukan wadah partisipasi anak hingga tingkat desa dan kelurahan telah tercakup dalam kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Baca juga: Cegah Demonstrasi Pelajar, Forum Anak Bisa Jadi Solusi

KLA mensyaratkan pelibatan anak dalam proses pembangunan kabupaten/kota yang menyangkut hak sipil anak, hak atas informasi yang layak, hak atas pengasuhan yang layak, hak atas lingkungan yang ramah, hak atas pendidikan dan hak atas pelayanan kesehatan.

"Desa dan kelurahan tempat anak itu tinggal, keluarga itu tinggal dan sudah pasti mereka yang langsung merasakan keamanan dan kenyamanan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Misalnya setelah mereka sekolah, mereka bermain bersama teman-temannya. Di sanalah tempat mereka berkumpul," tutur Erni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.