Kompas.com - 09/12/2021, 23:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghabiskan malam di sekitar Danau Toba dengan menikmati kopi di kedai lokal BKaro, Kamis (9/12/2021).

Kedai tersebut berlokasi di Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Ma'ruf mengunjungi kedai kopi tersebut dengan didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Wapres sempat bercengkerama dengan pemilik kedai kopi. Dalam obrolan ringan itu, Ma'ruf bercerita bahwa dirinya dahulu pecinta kopi.

"Ngopi terakhir saya tahun 1993. Tadinya saya kalau ngopi itu satu mug besar. Pokoknya semua jenis kopi saja (saya minum), ya arabica, robusta," kata Ma'ruf, dikutip dari Antara, Kamis.

Baca juga: Bertolak ke Danau Toba, Maruf Amin akan Resmikan Pameran Rempah

Wapres mengungkapkan alasannya berhenti karena sudah merasa tidak nyaman menikmati kopi terlalu banyak.

"Ya karena sudah mulai kurang nyaman saja rasanya, mulai umurnya sudah lanjut. Jadi dulu saya kalau minum kopi sehari bisa lebih dari satu mug besar," katanya.

Seusai minum kopi, Ma'ruf kemudian meninggalkan Bkaro dan menuju Hotel Niagara untuk beristirahat.

Sebelum memasuki mobil, Ma'ruf menyapa masyarakat sekitar dan menyampaikan pesan supaya warga menjaga kesehatan dan tetap semangat.

Adapun Ma'ruf melakukan kunjungan kerja ke Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis hingga Jumat (10/12/2021).

Menurut jadwal, Ma'ruf akan meresmikan pembukaan Indonesian Spices Business Forum and Expo 2021 di Hotel Niagara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.