Wakil Ketua MPR: Lembaga Penting Mestinya Dapat Perhatian, Jangan Ada Suasana Kurang Dipentingkan

Kompas.com - 01/12/2021, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani berpendapat, pemerintah semestinya memperhatikan lembaga-lembaga penting seperti MPR dengan tidak menurunkan anggaran lembaga tersebut.

Hal ini disampaikan Muzani merespons permintaan pimpinan MPR agar Presiden Joko Widodo mencopot Menteri Keuangan Sri Mulyani karena anggaran Sosialisasi Empat Pilar MPR RI terus turun.

"Lembaga-lembaga yang penting mestinya mendapat perhatian sehingga jangan ada suasana kurang dipentingkan karena keuangannya berkurang, berkurang, berkurang," kata Muzani, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Bamsoet Nilai Sri Mulyani Tak Hargai MPR karena Tak Pernah Datang Rapat

Muzani menjelaskan, MPR merasa keberatan karena jumlah anggaran MPR selalu berkurang tiap tahun, padahal MPR merasa memiliki beban untuk menjaga ideologi negara.

Politikus Partai Gerindra itu menyebutkan, MPR juga bertugas untuk menjaga empat pilar negara yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Muzani, MPR merasa beban tersebut semakin berat seiring berjalannya waktu, tetapi anggaran yang diberikan justru semakin kecil.

"Kadang-kadang ketika kita merasa aman, itu enggak dianggap sebagai kebutuhan, tetapi kalau tidak aman, ya bagaimana memahami Pancasila itu menjadi kbutuhan," ujar Muzani.

"Itu yang kemudian teman-teman MPR merasa jangan menganggap beban yang menjadi tanggung jawab MPR itu dianggap kecil sehingga biayanya dianggap kecil," kata dia lagi.

Baca juga: MPR Minta Jokowi Copot Sri Mulyani Karena Tak Hadiri Rapat, Ini Faktanya

Muzani menambahkan, sikap pimpinan MPR yang kompak mengkritik Sri Mulyani dipicu oleh suasana kebatinan yang guyub di antara para pimpinan MPR.

"Situasi menjadi begini kan karena kerja kolektif, kerja bareng, kerja lama, sehingga ada suasana kebatinan yang guyub, yang bersatu, kira-kira seperti itu. Itu yang menyebabkan teman-teman MPR berpikirnya seperti itu," ujar Muzani.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyebut Sri Mulyani tidak menepati janji terkait anggaran untuk memasifkan Sosialisasi Empat Pilar MPR sehingga ia mengusulkan agar Sri Mulyani dicopot dari jabatannya.

"Kami di MPR ini kan Pimpinannya 10 orang, dulu cuma 4 orang kemudian 10 orang. Namun, anggaran di MPR malah turun, turun terus," kata Fadel di Kompleks Parlemen, Jakarta, dikutip dari siaran pers Selasa, (30/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.