Kompas.com - 18/11/2021, 21:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Billy Haryanto mengatakan, stok beras di Tanah Air cukup hingga akhir 2021.

Hal tersebut disampaikannya usai diterima Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kamis (18/11/2021).

"Kita melihat di lapangan, sebagai contoh di Sragen yang saat ini tengah panen raya dengan hasil yang bagus. Bagus sekali, dan untuk Natal dan Tahun Baru, ini sangat aman," ujar Billy dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Baca juga: Seorang Ibu Sambil Gendong Balita Terekam Mencuri Sekantong Uang di Toko Beras

Billy juga menyampaikan Presiden ingin mengetahui langsung dari pelaku pedagang beras.

Setelah itu, Presiden akan meminta Menteri Perdagangan untuk melakukan pengecekan pasar dan juga kebenaran harga beras di lapangan.

"Ya kita ngomong real, yang di lapangan dan masalah harga biasanya bulan 11, 12, satu ini biasanya harga (tidak) terkendali dan pasti naik, tapi ini alhamdulillah stabil,” ungkap Billy.

“Dia dengar langsung dari pelaku sudah sangat-sangat senang sekali, dia akan menyuruh Pak Mendag untuk cek pasar dan harga benar atau enggak," lanjutnya. 

Baca juga: Polisi Ungkap Motif Pencuri Sekantong Uang yang Beraksi Sambil Gendong Balita di Toko Beras

Oleh karenanya, Billy mengajak masyarakat agar tidak panik terkait kebutuhan pangan, khususnya untuk beras.

Dia menambahkan, Presiden Jokowi tidak akan tergesa-gesa untuk mengambil keputusan impor.

“Pak Presiden akan membaca harga pangan dunia kan naik tinggi, dia kan enggak buru-buru impor. Enggak, kalau cukup ngapain impor,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.