Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Tegaskan Usulan Kalla jadi Calon Ketum PBNU Bukan Sikap Partai

Kompas.com - 16/11/2021, 15:06 WIB
Ardito Ramadhan,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pernyataan politisi Partai Demokrat Syahrial Nasution yang mengusulkan Jusuf Kalla sebagai calon ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bukan dalam kapasitas Syahrial sebagai pengurus dan kader Demokrat.

"Kami perlu tegaskan statemen itu merupakan pandangan pribadi Saudara Syahrial Nasution sebagai bagian dari warga Nahdliyyin, yang juga ingin berkhidmat pada jamaah dan jam’iyah Nahdlatul Ulama," kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Herzaky menuturkan, Syahrial adalah salah satu pembina Yayasan Pondok Pesantren Alfitrah Gunung Pati, Kabupaten Semarang, yang terhubung ke Pondok Pesantren Alfitrah Kedinding, Surabaya.

Baca juga: Sudut Pandang Lain Kasus Menteri Agama Yaqut: Kemenag Hadiah untuk NU

Ia pun menegaskan, Demokrat menghormati Khittah NU 1926 bahwa NU merupakan salah satu pilar kekuatan Islam moderat terbesar di Indonesia yang memiliki independensi dan kemandirian yang harus dihormati.

"Karena itu, tidak elok jika ada pihak-pihak yang masih mencoba memperkeruh suasana dengan membentur-benturkan narasi yang tidak produktif menjelang Muktamar NU di Lampung, Desember mendatang," ujar Herzaky.

Ia menambahkan, Partai Demokrat sebagai organisasi maupun kader-kadernya secara individu memiliki hubungan baik dengan NU. Baik Demokrat sebagai partai pemerintah maupun di luar pemerintahan.

"Sekali lagi, Partai Demokrat sangat menghargai kemandirian dan kebebasan setiap organisasi dalam menentukan dan memilih siapa ketua umumnya, termasuk NU, karena setiap organisasi memiliki cara dan aturannya masing-masing," kata Herzaky.

Dikutip dari Kompas.tv, Syahrial mengusulkan agar mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla maju sebagai calon ketua umum PBNU pada Muktamar Ke-34 NU yang akan digelar pada Desember 2021 mendatang.

Baca juga: Dosen UIN Jakarta Minta Maaf Terkait Pernyataanya Soal NU

“Pak Jusuf Kalla selain tokoh bangsa, tokoh nasional, tokoh Indonesia Timur, juga tokoh NU. Sangat lengkap pengalaman organisasi dan kemampuannya dlm membesarkan organisasi," papar Syahrial sebagaimana dilihat Kompas.TV di akun twitternya, Minggu (13/11).

Syahrial merasa, jika NU ke depan dipimpin Kalla, maka organisasi yang saat ini dipimpin oleh Said Aqil ini akan lebih besar lagi dan maju.

“Seandainya beliau berkenan memimpin NU ke depan, tentu makin membuat besar organisasi Nahdliyin,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com