Polri: Tim Gabungan Masih Dalami Penyebab Kebakaran Tangki di Kilang Pertamina Cilacap

Kompas.com - 16/11/2021, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, tim gabungan masih mendalami  penyebab kebakaran tangki di kilang Pertamina, Cilacap, Jawa Tengah.

Tim gabungan itu terdiri atas Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri, Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (INAFIS), serta tim dari Pertamina.

"Tim labfor, INAFIS, serta tim gabungan dengan para ahli, serta Pertamina masih mendalami," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Puan Minta Pertamina Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Cilacap

Dedi menjelaskan, sebelumnya Kapolda Jawa Tengah (Jateng) mengungkapkan kesimpulan sementara bahwa kebakaran itu terjadi diduga karena sambaran petir.

Kesimpulan sementara itu berdasarkan berbagai macam bukti yang dimiliki dan enam saksi yang sudah diperiksa.

Namun, Dedi menegaskan, tidak tertutup kemungkinan hasil pemeriksaan lanjutan tim gabungan akan dipublikasikan kembali.

"Tapi tidak menutup kemungkinan dari hasil pemeriksaan tim terpadu nanti akan di-publish kembali, apakah ada unsur-unsur terkait lainnya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, tangki pada kilang minyak Pertamina yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan analisis data dari alat monitoring kelistrikan udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang terdapat di Stasiun Geofisika Banjarnegara, terdeteksi dua peristiwa sambaran petir terdekat dengan kilang minyak RU IV Cilacap yang terbakar.

Baca juga: Polisi Duga Penyebab Kebakaran Tangki di Kilang Pertamina Cilacap akibat Sambaran Petir

Untuk sambaran petir pertama terjadi pada Sabtu (13/11/2021) pukul 18.47 WIB Koordinat 7.67942574 LS, 109.1110952 BT dengan jarak kurang lebih 12 km sebelah timur laut kilang Minyak RU IV Cilacap (masuk kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap).

Sementara untuk sambaran petir kedua terjadi pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.23.32 WIB Koordinat 7.437264713 LS, 108.7736507 BT berlokasi di kecamatan Sidareja, dengan jarak kurang lebih 43 km barat laut dari kilangminyak RU IV Cilacap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.