Alasan Budiman Sudjatmiko Tak Minat Jadi Anggota DPR 3 Periode: Saya Akan Tumpul

Kompas.com - 16/11/2021, 14:47 WIB
Budiman Sudjatmiko, di sela-sela wawancara dalam program Beginu di Jakarta, Jumat (5/11/2021). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBudiman Sudjatmiko, di sela-sela wawancara dalam program Beginu di Jakarta, Jumat (5/11/2021).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengungkapkan, dirinya tidak berminat untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama tiga periode.

Budiman meyakini, jika seseorang menjabat selama lebih dari dua periode, pada periode ketiga ia hanya akan menjadi beban bagi jabatan tersebut dan tidak membawa nilai tambah.

"Saya tahu ketika saya ada di sebuah jabatan dua periode berturut-turut, maka pada periode ketiga pasti saya akan jadi beban bagi jabatan itu, enggak akan membawa nilai tambah. Saya akan tumpul, saya akan bego, saya akan oon," kata Budiman dalam wawancara di program Beginu di kanal YouTube Kompas.com, dikutip Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Saat Budiman Sudjatmiko Tolak Tawaran Maju Pilkada DKI...

Budiman berpendapat, jika seseorang menjabat lebih dari 10 tahun, orang tersebut akan kehilangan relevansinya atas posisi yang dijabat.

Sebab, menurut Budiman, selama 10 tahun menjabat, seseorang akan mempraktikkan ilmu yang sudah dimiliki tetapi ia akan kekurangan waktu untuk mempelajari ilmu baru.

"10 tahun kan kamu mempraktikan ilmu-ilmu lama untuk jadi nyata. Relevansi ilmu lama adalah ketika dipraktikkan dan waktummu berkurang untuk belajar ilmu baru. Padahal ilmu jalan terus, pada tahun ke-11 ke sana, yang perlu dibutuhkan ilmu baru," kata Budiman.

Ia menuturkan, ia sudah berniat untuk tidak maju sebagai calon anggota legislatif sejak tahun 2017. Namun, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto memintanya untuk membantu pencalonan Joko Widodo di salah satu daerah pemilihan.

Baca juga: Cerita Budiman Sudjatmiko ketika Divonis 13 Tahun Penjara Saat Orde Baru Berkuasa

"Ya sudah, saya kemudian ditempatkan di Jawa Timur which is sebenarnya saya lebih banyak ke Jakarta sih debat politik jadinya untuk kampanye presiden, bukan untuk dapil sendiri, karena memang saya enggak niat," ujar Budiman.

Budiman mengatakan, pendapatnya soal tiga periode tersebut tidak hanya berlaku bagi anggota DPR, melainkan untuk semua pejabat publik termasuk presiden sekalipun.

"Kalau saya, lebih dari dua periode irelevan, kamu akan kehilangan tantangan, akan kehilangan kebaruan. Ketika seseorang kehilangan tantangan kebaruan, kamu akan irelevan, dan kalau kamu maju, waktu bergerak lebih cepat," kata Budiman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.