Kompas.com - 16/11/2021, 11:26 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin DOK. UNAIRMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia harus belajar dari lonjakan kasus Covid-19 yang biasanya terjadi pasca libur panjang.

Ia meminta masyarakat untuk mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pasca libur natal dan tahun baru dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi.

"Karena itu saya mengingatkan kepada kita semua agar tetap disiplin memakai masker, segeralah divaksin jika belum, gunakanlah aplikasi PeduliLindungi ketika ada di ruang publik dan tetap dijaga jarak," kata Budi dalam acara Festival Kesehatan Astra 2021 secara virtual, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Mengenal Obat Covid Molnupiravir, yang Disebut Menkes Budi Akan Digunakan Tahun Depan

Budi mengatakan, pemerintah terus melakukan perbaikan agar pandemi Covid-19 menjadi terkendali.

Ia mengatakan, ada empat strategi yang dilakukan pemerintah dalam penanganan Covid-19 yaitu pertama, melakukan pemeriksaan (testing) secara epidemologi dan melakukan pelacakan (tracing).

Kedua, kata dia, melakukan konversi terhadap kapasitas tempat tidur di rumah sakit sebesar 30-40 persen.

"Strategi ketiga, kecepatan vaksinasi pada seluruh masyarakat sasaran. Keempat, perubahan perilaku dengan implementasi PPKM berlevel dan pemanfaatan teknologi digital dalam implementasi protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes Sebut Cakupan Vaksinasi Covid-19 Sudah Lampaui Target WHO

Lebih lanjut, Budi mengucapkan terima kasih kepada PT Astra yang rutin melaksanakan kegiatan posyandu di beberapa daerah di Indonesia.

Ia juga mendorong pembangunan berkelanjutan dengan tujuan untuk mengampanyekan gaya hidup sehat pada seluruh masyarakat sebagai kunci menjalankan aktivitas sehari-hari pada masa pandemi Covid-19.

"Saya berharap semoga masyarakat Indonesia tanpa mengenal batas usia menjadikan pola hidup sehat seperti layaknya udara yang terus dibutuhkan untuk menopang kehidupan," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.