Undang Kemensos, KPK Akan Perkuat Integritas Jajaran Tri Rismaharini

Kompas.com - 16/11/2021, 09:28 WIB
Bendera Merah Putih setengah tiang berkibar di depan gedung KPK pada Kamis (30/9/2021). KOMPAS.com/RAHEL NARDA Bendera Merah Putih setengah tiang berkibar di depan gedung KPK pada Kamis (30/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Kementerian Sosial (Kemensos) dalam program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas).

Adapun undangan terhadap Kemensos itu dilakukan sebagai upaya pencegahan korupsi melalui pendidikan dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi.

Program ini merupakan seri kedelapan executive briefing yang menjadi seri terakhir kegiatan PAKU tersebut.

“Seri ke-8 ini akan disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron beserta jajaran untuk pejabat Kementerian Sosial RI,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati, melalui keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Pimpinan KPK ke Kepala Daerah: Mari Kita Jihad Lawan Korupsi!

Ipi mengatakan, program PAKU bersama Kemensos digelar secara luring di Gedung Merah Putih KPK pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Adapun dalam acara ini, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekjen Kemensos Harry Hikmat, Inspektur Jenderal Dadang Iskandar, Dirjen Perlindungan Jaminan dan Sosial Pepen Nazarudin dan Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto.

Kemudian, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama, serta Kabag Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Sosial Hartomo Laras beserta pasangan masing-masing dijadwalkan hadir.

“KPK memandang Kemensos sebagai salah satu kementerian yang memiliki peran penting dan strategis,” kata Ipi.

Baca juga: Pimpinan KPK: Jangan Sampai Koruptor Berkata “Punya Orang Dalam”, Bisa Hancur Negara Ini

Menurut Ipi, sejumlah kajian sistem telah dilakukan KPK termasuk di masa pandemi ini. Salah satunya terkait kajian tata kelola bantuan sosial (bansos) di tahun 2020.

KPK dan Kemensos, ujar dia, juga telah berkolaborasi dalam penanganan keluhan terkait bansos dengan memanfaatkan aplikasi JAGA Bansos yang diinisiasi KPK.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.