Kompas.com - 14/11/2021, 13:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh personel Korps Brimob Polri untuk terus memberikan dharma bhakti kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Hal itu disampaikan Listyo saat memberikan amanat dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Brimob di Mako Korps Brimob di Depok, Jawa Barat, Minggu (14/11/2021).

"Semoga seluruh personel Korps Brimob Polri senantiasa memberikan dharma bhakti terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara sebagaimana moto pengabdian jiwaragu demi kemanusiaan," ujar Listyo, dikutip dari kanal YouTube Humas Korps Brimob Polri, Minggu siang.

Baca juga: Sejarah Kelahiran Korps Brimob Polri yang Hari Ini Rayakan HUT Ke-76

Dalam kesempatan tersebut, Listyo mengajak kepada seluruh personel Brimob yang hadir langsung maupun virtual untuk menundukkan kepala dan mendoakan tiga anggota Brimob yang gugur di medan tugas pada 2021.

Ketiganya adalah Brigadir Pol Anumerta Herlis Pombili, Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio, dan Bharatu Anumerta I Komang Wira Natha.

Untuk diketahui, Herlis gugur setelah terlibat kontak tembak dengan kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Maret 2021.

Baca juga: Beredar Video Ibu DPO MIT Poso Memohon Anaknya Pulang

Kemudian, Kurniadi Sutio gugur dalam kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB pimpinan Lamek Alipko Taplo Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (26/9/2021).

Sedangkan, I Komang Wira Natha gugur setelah ditembak KKB di Papua, sekitar April 2021.

Listyo berharap ketiga personel Brimob yang telah gugur mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Semoga diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan tentunya seluruh prestasi pengabdian yang telah diukir selalu kita kenang sebagai pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Listyo.

Baca juga: Menhan Prabowo Dianugerahi Warga Kehormatan Brimob

Listyo juga menukil pernyataan Presiden ke-1 Soekarno atau Bung Karno yang berbunyi, "warisi apinya jangan abunya, warisi semangat yang menyala-nyala".

Merujuk pesan Bung Karno tersebut, Listyo mengingatkan seluruh personel Brimob supaya semangat tidak pernah padam dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Semangat ini harus terus kita jaga, kita pertahankan, karena semangat yang tidak pernah padam dalam rangka memberikan pengabdian yang terbaik sampai titik darah penghabisan," imbuh Listyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.