Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 19:51 WIB

KOMPAS.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani mengatakan, Indonesia membutuhkan banyak pahlawan masa kini atau pahlawan era kemajuan.

Pahlawan-pahlawan modern yang bukan membawa bambu runcing, tetapi berbekal nilai-nilai kebangsaan Indonesia dan berbuah karya-karya yang mendunia,” kata Puan, dikutip dari dpr.go.id, Rabu (10/11/2021).

Hal tersebut disampaikan Puan saat mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu. Upacara ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Puan menjelaskan, pahlawan era kemajuan adalah mereka yang tidak berjuang demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan dunia, bukan kepentingan diri sendiri.

Baca juga: Anggota Komisi XI DPR Kritisi Penggunaan Cadangan PEN dan SAL untuk PMN BUMN

“Para tenaga kesehatan (nakes) Indonesia, yang selama dua tahun ini sudah berjuang menyelamatkan nyawa rakyat dari ancaman pandemi Covid-19, mereka adalah pahlawan era kemajuan,” ujarnya.

Para nakes, kata dia, telah menunjukkan semangat dan kerja keras luar biasa dengan mengabdikan hidupnya bagi keselamatan bangsa.

Menurut Puan, nakes memiliki peran besar dalam keberhasilan Indonesia mengatasi pandemi Covid-19 hingga mendapat pengakuan dunia.

“Tim Thomas Cup Indonesia, yang baru-baru ini merebut Piala Thomas setelah puasa gelar 19 tahun, mereka adalah pahlawan era kemajuan Indonesia,” tutur Puan.

Adapun tim Thomas Cup Indonesia yang dimaksud tak hanya atlet, tetapi juga pelatih, dokter, hingga anggota tim official.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Puan: Semoga Dekat dengan Rakyat

Puan mengatakan, tim Thomas Cup berhasil membawa kebanggaan untuk bangsa setelah Indonesia cukup lama tidak menjadi juara dalam ajang bulu tangkis bergengsi dunia itu.

“Kemenangan mereka dikagumi oleh masyarakat dunia, dan menjadi sumber inspirasi kita semua,” kata Puan.

Pada kesempatan sama, ia mengajak masyarakat untuk bergotong-royong menjadi pahlawan era kemajuan di bidang lingkungan hidup demi mewujudkan net zero emission di Indonesia pada 2060 atau lebih awal.

“Tidak ada Indonesia tanpa ada bumi, air, udara dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya,” tegas Puan.

Baca juga: Pimpinan DPR Sebut Pembahasan RUU PDP Hampir Capai Titik Temu

Ia menilai, Indonesia juga butuh pahlawan era kemajuan di bidang teknologi digital.

“Bahkan di sektor digital ini kesempatannya terbuka sangat luas bagi pemuda pemudi Indonesia, termasuk adik-adik yang masih duduk di bangku kuliah untuk menjadi pahlawan masa kini,” jelas Puan.

Ia mengimbau agar para pemuda mampu memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki dan menjadi pahlawan era kemajuan.

“Tidak perlu bambu runcing, tetapi berbekal ide, solusi, dan keahlian teknologi yang mengakar pada jati diri bangsa kita,” katanya.

Tak hanya itu, Puan juga mengajak masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengabdikan hidupnya bagi kemerdekaan dan kesejahteraan bangsa.

“Tanpa mereka, kita tidak bisa seperti saat ini sebagai negara yang memiliki kebebasan,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.