Kompas.com - 09/11/2021, 14:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Biofarma Honesti Basyir mengungkapkan, Biofarma telah mendistribusikan 233,4 juta vaksin Covid-19 ke 34 provinsi se-Indonesia hingga 4 November 2021.

Ia mengatakan, vaksin yang didistribusikan oleh Biofarma terdiri dari vaksin yang diimpor sendiri oleh Biofarma maupun donasi dari Covax Facilty dan negara-negara sahabat.

"Total sampai 4 November kemarin, distribusi vaksin yang sudah kita lakukan ke seluruh provinsi di Indonesia sebesar 233,4 juta dosis," kata Honesti dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Dirut Biofarma Nilai Harga Tes PCR Dapat Diturunkan dengan Banyaknya Suplai Dalam Negeri

Honesti menyampaikan, totalnya ada 252 juta dosis vaksin yang sudah dikirimkan ke seluruh provinsi. Dari jumlah itu, tidak semuanya didistribusikan Biofarma. 

Menurut dia, tidak semua vaksin tersebut didistribusikan oleh Biofarma karena ada beberapa jenis vaksin yang didistribusikan langsung ke daerah sesuai perjanjian antara pemerintah dan perusahaan vaksin dimaksud.

"Jadi ada gap sekitar 19 juta itu mungkin dari bagian vaksin yang dikirimkan pengembang atau principal ke provinsi," kata Honesti.

Baca juga: Vaksinasi di Sejumlah Daerah Masih di Bawah Target, Biofarma: Sekarang Tantangannya Demand

Honesti menyatakan, jumlah vaksin yang ditargetkan untuk didatangkan oleh Biofarma hingga akhir 2021 nanti kurang lebih 326,8 juta dosis.

"Kita masih ada beberapa vaksin yang akan segera masuk di bulan November dan bulan Desember ini untuk bisa memenuhi semua kebutuhan. Ini dengan catatan adalah vaksin-vaksin yang di luar hibah, jadi langsung supply agreement antara Biofarma dan pengembang vaksin," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.