JK Harap Tahun Depan Pelaksanaan Ibadah Haji Bisa Normal Kembali

Kompas.com - 06/11/2021, 17:27 WIB
Mantan Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla saat didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai melantik Dewan Pembina dan Pengurus PMI Sumut di Medan, Senin (25/10/2021). KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALIMantan Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla saat didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai melantik Dewan Pembina dan Pengurus PMI Sumut di Medan, Senin (25/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), M Jusuf Kalla (JK) berharap pelaksanaan ibadah haji bisa kembali normal di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan JK saat menghadiri Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) masa bakti 2021-2026 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (6/11/2021).

JK mengatakan, pelaksanaan ibadah haji nantinya memang tidak segampang dengan pelaksanaan haji-haji sebelumnya.

Sebab, situasi pandemi turut berdampak kepada kuota calon jamaah haji Indonesia yang masuk dalam daftar tunggu.

“Olehnya itu kita sangat berharap mulai tahun depan, pelaksanaan ibadah haji bisa kembali berjalan normal,” kata JK dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/11/2021).

Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 itu menyadari, animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji masih sangat tinggi.

Baca juga: Kemendagri Imbau Jemaah Haji dan Umrah di Atas 17 Tahun Buat e-KTP

Menurutnya, ada sekitar sekitar 200 ribu penduduk Indonesia menjadi pendaftar baru untuk ibadah haji.

Lebih lanjut, JK menyebut, salah satu syarat utama dari pelaksanaan haji adalah persoalan kuota.

Meski para calon jemaah sudah lolos persyaratan dari aspek keimanan, keuangan, kesehatan, namun jika tidak ada kuota, mereka tetap tidak bisa naik haji.

“Ada empat syarat untuk naik haji, yakni keimanan, keuangan, kesehatan dan terakhir kuota. Walaupun tiga syarat terpenuhi tapi kuotanya penuh tetap tak bisa naik haji,’ imbuh JK

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.