Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2021, 21:11 WIB
Kristian Erdianto

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menjalin kerja sama dengan Singapura untuk mempersiapkan langkah antisipasi importasi kasus Covid-19 melalui program vaccinated travel lane (VTL) bagi pelaku perjalanan luar negeri.

"Saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan kementerian atau lembaga lainnya serta pemerintah Singapura sedang melakukan pembahasan mengenai vaccinated travel lane," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, dikutip dari Antara, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Satgas: Cakupan Vaksinasi Covid-19 5 Provinsi Ini di Bawah Rata-rata Nasional

VTL merupakan program perlindungan bagi pelaku perjalanan luar negeri yang telah memiliki bukti vaksinasi dosis lengkap. Calon wisatawan harus merupakan penduduk dari negara yang melakukan kerja sama VTL.

Wiku mengatakan, tidak tertutup kemungkinan kerja sama VTL juga dibangun dengan negara lainnya, dengan tetap mempertimbangkan berbagai hal, seperti kondisi kasus dan juga aspek sosial ekonomi antarnegara.

Adapun pemerintah berupaya menjalin kerja sama antaranegara, antara lain mutual recognition agreement yang terkait dengan pengakuan sertifikat vaksin, travel corridor arrangement dan VTL.

Baca juga: Satgas Covid-19: Regulasi Sering Berubah dan Direvisi karena Dinamika Pandemi

Menurut Wiku, hal itu merupakan upaya pemulihan aktivitas masyarakat dengan tetap bertumpu pada kesepakatan atas standar protokol kesehatan yang jelas dan transparan, sehingga ruang importasi kasus dapat diantisipasi dengan baik.

Ia mengatakan, Bali akan menjadi lokasi pelaksanaan Turnamen Bulu Tangkis Internasional. Untuk itu, Satgas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sedang menyusun protokol kesehatan selama pelaksanaan turnamen.

"Nantinya sistem gelembung atau bubble akan kembali diterapkan dengan mekanisme partisipan hanya akan berkegiatan di titik-titik yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu seperti hotel, tempat pelatihan dan tempat pertandingan," ujarnya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Prokes Jadi Modal Utama Dukung PEN 2022

Sistem gelembung dipilih untuk menghindari risiko penularan yang terjadi. Selain itu, seluruh pihak yang beraktivitas di dalamnya sudah melalui screening kesehatan yang tepat.

Wiku menambahkan, seluruh partisipan yang berasal dari luar negeri akan masuk melalui pintu kedatangan di Jakarta atau Bandara Soekarno-Hatta dan dilanjutkan dengan perjalanan domestik ke Bali sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com