Kompas.com - 04/11/2021, 08:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa masa krisis merupakan momen terbaik bagi seorang perwira untuk menjadi pemimpin sejati.

Hal itu disampaikan Yudo saat menutup Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan ke-59 Tahun 2021 di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (03/11) tersebut, Rabu (3/11/2021).

"Masa krisis adalah masa terbaik bagi seorang perwira untuk menjadi seorang pemimpin sejati. Di situlah semua pengetahuan, pengalaman, karakter dan ketahanan kepemimpinan diuji," ujar Yudo, Rabu.

"Siapkan diri untuk berani menghadapi tantangan dan menang dalam segala situasi kepemimpinan," sambung dia.

Baca juga: KSAL: TNI AL Harus Siap Hadapi Ancaman Konvensional dan Nonkonvensional

Yudo mengatakan, Seskoal sebagai center of excellent on naval and maritime science atau pusat keunggulan ilmu kelautan dan kemaritiman memiliki peran penting dalam mendidik dan membekali para perwira.

Hal itu supaya perwira dapat menjadi teknokrat matra laut yang memiliki wawasan yang luas, critical thinking, serta ide-ide dan pemikiran strategis di bidang keangkatanlautan, kemaritiman, dan pertahanan negara di laut.

Ia berharap, pendidikan sekolah staf dan komando angkatan laut selama 10 bulan dapat membentuk para perwira yang memiliki pola pikir, tindak, dan sikap yang matang.

Kemudian juga memiliki kemampuan analisis yang tajam, serta cakrawala pandang yang luas.

"Pada saatnya menjadi pemimpin, bekal tersebut sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan tepat," kata Yudo.

Dalam Dikreg Seskoal Angkatan ke-59 Tahun 2021, terdapat 175 Perwira yang menjadi wisudawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.