Menhan Prabowo Yakin Calon Panglima TNI Andika Perkasa Bisa Diajak Kerja Sama

Kompas.com - 03/11/2021, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, Prabowo Subianto meyakini Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bisa diajak kerja sama dengan setelah ditunjuk menjadi calon tunggal panglima TNI.

"Jadi Pak Menhan yakin bisa bekerja sama dengan baik dengan beliau sesuai dengan perintah dan petunjuk Presiden Joko Widodo untuk memperkuat dan meninggalkan legacy pertahanan RI yang kuat di masa yang akan datang," ujar Dahnil kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Dahnil mengatakan bahwa Prabowo sudah mengenal Andika sejak lama.

Perkenalan keduanya dimulai ketika Andika menjadi salah satu anak buah Prabowo di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Baca juga: Penunjukan Andika Jadi Calon Panglima Perkuat Dominasi AD, Imparsial: Padahal Rotasi Penting untuk Kesetaraan Matra

Dahnil menuturkan, chemistry Prabowo dan Andika sangat kuat.

Di mata Prabowo, kata Dahnil, Andika merupakan sosok yang layak sebagai Panglima.

Apalagi, Andika juga berpengalaman sebagai Jenderal lapangan dan tempur, termasuk memiliki kapasitas akademik dan intelektual yang baik.

"Pada prinsipnya Menhan Prabowo mendukung siapa pun yang ditunjuk dan dipercaya Presiden sebagai Panglima TNI, dan siap bekerja sama untuk memperkuat pertahanan RI," imbuh dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihannya Andika menjadi calon tunggal panglima TNI berikutnya.

Baca juga: Calon Panglima TNI Andika Perkasa Dianggap Pilihan Terbaik Jokowi

Hal itu diketahui setelah Jokowi mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR, Rabu (3/11/2021). Isi surpres ini berisikan nama Andika sebagai pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Surpres ini dikirimkan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani.

"Karena itu pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Prakasa," kata Puan, Rabu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.