Redam Situasi Intan Jaya, Mahfud Minta TNI-Polri Ambil Tindakan Terukur

Kompas.com - 01/11/2021, 11:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD dalam acara silaturahmi dengan senat akademik dan dewan profesor Undip Semarang yang disiarkan lewat YouTube Channel Undip TV Official, Kamis (21/10/2021). KOMPAS.com/tangkapan layar Youtube Channel Undip TVMenko Polhukam Mahfud MD dalam acara silaturahmi dengan senat akademik dan dewan profesor Undip Semarang yang disiarkan lewat YouTube Channel Undip TV Official, Kamis (21/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta aparat TNI-Porli untuk mengambil tindakan terukur setelah Kelompok Kriminal Bersejata (KKB) kembali berulah di Intan Jaya, Papua.

"Saya juga minta aparat Polri-TNI melakukan tindakan terukur agar tidak terjadi korban masyarakat sipil," ujar Mahfud kepada wartawan, Senin (1/11/2021).

Mahfud mengatakan, masyarakat sebetulnya mengetahui bahwa TNI-Polri selama ini sudah sangat berhati-hati melindungi warga sipil.

Baca juga: KKB Kembali Berulah, Bakar Ambulans dan Fasum Bandara Intan Jaya Papua, TNI: Tak Ada Korban Jiwa

Namun demikian, ia menyebutkan, KKB selalu menyerang dari belakang dan menjadikan warga sipil sebagai tameng dan korban.

Di sisi lain, Mahfud menilai bahwa KKB selalu mengambil momentum untuk menarik perhatian luar negeri, seperti kontak tembak yang terjadi belakangan ini.

Peristiwa ini berlangsung ketika Presiden Joko Widodo sedang mengikuti agenda KTT G20 di Roma, Italia.

Menurut dia, KKB memanfaatkan momentum itu untuk menarik perhatian dunia internasional.

Padahal, kata dia, di lembaga-lembaga internasional yang resmi, masalah separatisme Papua tidak pernah diagendakan.

"Dunia internasional melihat Papua seperti melihat daerah-daerah lain, misalnya masalah penyelamatan lingkungan hidup dan kesejahteraan rakyat, bukan soal disintegrasi," kata dia.

Baca juga: Mahfud: OPM Sengaja Manfaatkan Momen Kehadiran Presiden di KTT G20

Dikutip dari Harian Kompas, kontak tembak antara KKB dan TNI-Polri terjadi dalam sepekan terakhir di Intan Jaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.