CDC Tetapkan RI Negara Risiko Rendah Covid-19, Anggota DPR Minta Jangan Terlena

Kompas.com - 29/10/2021, 19:19 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mengingatkan, pandemi Covid-19 belum selesai meski Indonesia ditetapkan sebagai negara dengan tingkat penilaran rendah oleh Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS).

"Walaupun sekarang mereka menetapkan kita sebagai negara yang memiliki risiko rendah akan tetapi tidak berarti semuanya sudah selesai. Kasus dan risiko penularan Covid-19 sifatnya naik turun jika tidak diantisipasi dengan baik," kata Netty saat dihubungi, Jumat (29/10/2021).

Politikus PKS itu menuturkan, penetapan status oleh CDC AS merupakan update yang biasa. Ia mengatakan, penetapan CDC itu menyenangkan tetapi tidak boleh membuat terlena.

Baca juga: UPDATE: 244.392 Spesimen Diperiksa Terkait Covid-19, Positivity Rate dengan PCR 1,13 Persen

"Justru menurut saya, segenap kemampuan harus dilakukan agar kasus semakin turun. Penting bagi pemerintah untuk terus menjaga agar turunnya level PPKM di beberapa daerah ini bisa merata di seluruh daerah Indonesia," kata dia.

Ia menegaskan, protokol kesehatan harus tetap berjalan dan diawasi agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus. Terlebih, potensi gelombang ketiga penularan Covir-19 masih sangat mungkin terjadi.

CDC Amerika Serikat menetapkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat penularan Covid-19 rendah atau level 1.

Dalam laman resminya, CDC meminta agar warga AS yang hendak melakukan perjalanan atau berwisata ke Indonesia harus sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Baca juga: MK Nyatakan UU Kebijakan Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Berlaku 2 Tahun

"Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 6 kaki dari yang lain atau 2 meter," demikian tulis CDC, dikutip pada Jumat.

Sebelumnya pada 18 Oktober 2021, CDC merilis daftar terbaru yang mengkategorikan Singapura ke dalam negara dengan risiko sangat tinggi atau level 4.

Sementara itu, dalam rilis terbaru pada 20 Oktober 2021, CDC memasukkan Indonesia sebagai negara dengan risiko tinggi atau level 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.