Cabut Bebas Visa Sepihak, Maroko Dinilai Abaikan Prinsip dan Etika Diplomasi

Kompas.com - 15/10/2021, 10:57 WIB
Ilustrasi visa. SHUTTERSTOCK / By maramadeIlustrasi visa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghentian ketentuan bebas visa bagi warga negara Indonesia (WNI) tanpa pemberitahuan oleh Pemerintah Kerajaan Maroko dinilai sebagai tindakan sepihak yang mengabaikan prinsip dan etika berdiplomasi.

Sejak 8 Oktober 2021, Pemerintah Kerajaan Maroko memberlakukan peraturan wajib memiliki visa kepada WNI yang akan berkunjung.

"Apa yang dilakukan Pemerintah Kerajaan Maroko saat ini dapat dikatakan sebagai tindakan sepihak yang mengabaikan prinsip berhubungan baik maupun etika berdiplomasi yang baik," dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat di Maroko, melalui laman Kementerian Luar Negeri, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Maroko Cabut Bebas Visa Sepihak, 5 WNI Dipulangkan Paksa

Dalam keterangan pers disebutkan, Pemerintah Indonesia memang sempat menghentikan sementara bebas visa kepada warga negara Maroko sejak 20 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19.

Namun, sebelum menetapkan kebijakan itu, Pemerintah Indonesia menginformasikannya terlebih dahulu kepada Pemerintah Maroko dan Kedubes Maroko di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, tindakan Maroko yang menghentikan kebijakan bebas visa tanpa informasi kepada Indonesia telah mengabaikan prinsip dan etika berdiplomasi.

Padahal, peraturan bebas visa bagi WNI merupakan hasil kesepakatan antara Indonesia dan Maroko sejak 1960 saat Presiden Soekarno berkunjung ke Maroko.

Sebagai akibat dari tindakan sepihak itu, lima WNI yang tiba di Maroko pada 10 dan 12 Oktober 2021 dipulangkan secara paksa karena dianggap memasuki wilayah tanpa memiliki visa.

Selain itu, KBRI Rabat mengimbau WNI untuk mengurus visa terlebih dahulu di Kedubes Maroko sebelum perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.