Kemenag Salurkan Bantuan 3,6 Juta Paket Data Internet untuk Guru Madrasah hingga Mahasiswa PTKI

Kompas.com - 06/10/2021, 11:23 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Humas Kementerian AgamaMenteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) kembali memberikan bantuan 3,6 juta paket data internet untuk guru madrasah, serta dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan langkah pemerintah agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi, tetap berjalan lancar.

"Alhamdulillah, untuk tahap ketiga ini telah tersalurkan 3,6 juta bantuan paket data ke stakeholders lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama," kata Yaqut, melalui keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Kemenag Beri Beasiswa untuk 330 Mahasiswa Papua dan Papua Barat

Yaqut menuturkan empat tujuan pemberian bantuan paket data, yakni memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan selama pandemi Covid-19.

Kemudian, melindungi warga pada satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan serta membantu operasional kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani menambahkan, rincian penerima bantuan paket data tahap III yakni untuk mahasiswa PTKI sebesar 518.978 orang.

Kemudian, 16.749 dosen PTKI, 405 dosen pendidikan agama Islam (PAI) pada perguruan tinggi umum, dan 446.243 guru madrasah.

Baca juga: Salurkan Bantuan Paket Data, Kemenag Tak Ingin PJJ Ganggu Uang Dapur

Selanjutnya 26.117 guru PAI di sekolah, 431.786 siswa Madrasah Aliyah, 774.634 siswa Madrasah Tsanawiyah, 1.105.585 siswa Madrasah Ibtidaiyah dan 291.181 siswa Raudathul Atfal.

"Total penyaluran bantuan paket data pembejaran jarak jauh adalah sebesar 3.611.678," kata Ali.

"Para penerima bantuan paket data ini adalah mereka yang nomor ponselnya sudah terdaftar di salah satu sistem aplikasi, di antaranya EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, aplikasi PTU, dan aplikasi Lintasi DAI," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.