Wapres Harap Keterbukaan Informasi di Pemerintahan Desa Semakin Transparan dan Efektif

Kompas.com - 28/09/2021, 12:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap pelaksanaan keterbukaan informasi yang dilakukan pemerintah desa dapat berjalan transparan, adil, dan efektif.

"Melalui pelaksanaan keterbukaan informasi publik, pemerintahan desa diharapkan dapat berjalan secara demokratis, transparan, adil, efektif, efisien guna mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, serta partisipatif sehingga desa makin maju, kuat, dan mandiri," kata Ma'ruf di acara Peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Ma'ruf mengatakan, saat ini arus informasi yang diterima publik sangat deras, terutama pada masa pandemi. Sedikit apapun informasi yang diterima akan sangat berdampak apabila tidak dikonfirmasi kebenarannya.

Oleh karena itu, keterbukaan, kebenaran, dan ketepatan serta akurasi informasi publik menjadi sangat penting. Hal tersebut berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat hingga ke tingkat desa.

Baca juga: Wapres: Tak Ada lagi Alasan Badan Publik Tunda Keterbukaan Informasi

"Ini diperlukan untuk mewujudkan kondisi dan suasana yang kondusif bagi terlaksananya program-program prioritas pemerintah," kata dia.

Antara lain seperti penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Tujuannya agar seluruh masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan aman, sehat dan produktif, termasuk di seluruh desa di Tanah Air.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf pun mengapresiasi KIP yang telah memberikan penganugerahan apresiasi implementasi keterbukaan informasi publik kepada 10 desa terbaik dalam bidang tata kelola keterbukaan informasi.

Dia berharap penganugerahan ini menginspirasi, memotivasi, dan menambah semangat keterbukaan informasi sebagai bagian dari demokratisasi yang makin berkualitas hingga ke pemerintahan desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.