Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Menlu Turki, Menlu Retno Bahas Soal Situasi Situasi di Afghanistan

Kompas.com - 22/09/2021, 11:37 WIB
Sania Mashabi,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di New York, Amerika Serikat pada Minggu (19/9/2021).

Pertemuan berlangsung di sela-sela kegiatan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-76. Dalam pertemuan, Retno dan Mevlut sempat membahas tentang masalah perdamaian di Afghanistan.

"Kami berdua juga berbicara mengenai situasi di Afghanistan dan kita memiliki pandangan yang sama, termasuk pentingnya isu penghormatan terhadap hak perempuan Afghanistan," kata Retbo dalam konferensi persnya, Rabu (22/9/2021).

Retno melanjutkan dalam pertemuan itu ia juga membahas pentingnya Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menyampaikan pesan kepada pemerintah sementara Afghanistan.

Selain itu, dalam pertemuan, Retno dan Mevlut sepakat untuk melakukan pertemuan bilateral pada Oktober mendatang guna membahas penuh kerja sama bilateral, termasuk di antaranya kerja sama di bidang ekonomi.

Baca juga: Bertemu Menlu Inggris, Menlu Retno Paparkan Data Covid-19 di Indonesia yang Melandai

"Dalam pertemuan tersebut secara khusus, secara langsung, saya kembali menyampaikan apresiasi Indonesia atas bantuan Turki dalam evakuasi WNI dari Kabul," ujarnya.

"Sebagaimana teman-teman ketahui dalam evakuasi WNI dari Kabul tanggal 20 Agustus 2021 yang lalu, Turki telah memberikan bantuan terutama terkait akses masuk ke Bandara Kabul," ucap dia.

Adapun Retno mengungkapkan, saat ini dirinya sedang berada di New York dalam rangka menghadiri High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB.

Pada tahun ini, agenda tersebut dilakukan secara hybrid, di mana tahun lalu dilakukan virtual penuh karena pandemi.

Retno menyebutkan, Presiden Sidang ke-76 Majelis Umum PBB adalah Abdulla Shahid dari Maladewa yang juga merupakan Menteri Luar Negeri negara tersebut.

Tema Sidang Majelis Umum PBB tahun ini adalah “Building resilience through hope - to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com