Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Paralimpiade Dapat Bonus: Peraih Perak Rp 2,5 Miliar, Perunggu Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 17/09/2021, 10:23 WIB
Fitria Chusna Farisa,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memberikan bonus berupa uang tunai ke atlet Paralimpiade Tokyo 2020.

Atlet yang berhasil meraih medali perak diberi bonus senilai Rp 2,5 miliar, sedangkan peraih medali perunggu mendapat Rp 1,5 miliar.

"Selamat untuk para juara yang sudah mempersembahkan baik medali perak maupun medali perunggu," kata Jokowi saat menerima para atlet Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Jokowi Beri Bonus Rp 5,5 Miliar ke Atlet Peraih Emas Paralimpiade Tokyo 2020

Tiga medali perak masing-masing disumbangkan oleh Leani Ratri Oktila dari cabang parabadminton tunggal putri, Dheva Anrimusthi dari parabadminton tunggal putra, dan Ni Nengah Widiasih dari cabang parapowerlifting atau angkat beban.

Kemudian, medali perunggu disumbangkan oleh Saptoyogo Purnomo dari para-atletik, David Jacobs dari cabang paratenis meja tunggal putra, Suryo Nugroho dari parabadminton tunggal putra, dan Fredy Setiawan yang juga dari parabadminton tunggal putra.

Sementara itu, bonus Rp 5,5 miliar diberikan untuk atlet peraih medali emas.

Dua medali emas disumbangkan oleh cabang parabadminton ganda putri yang diwakili Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah, serta ganda campuran oleh Leani Ratri Oktila/Hary Susanto.

Baca juga: Haornas 2021, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Atlet dan Pelatih Olimpiade-Paralimpiade


Tak hanya itu, Jokowi juga memberikan bonus senilai Rp 100 juta untuk para atlet Paralimpiade Tokyo 2020 nonperaih medali.

"Serta (bonus) pelatihnya, tetapi jumlahnya tidak saya sebutkan di sini," ujar Jokowi.

Presiden pun menyampaikan rasa bangga dan gembiranya atas prestasi yang diraih para atlet. Ia mengapresiasi kerja keras para atlet dan pelatih dalam mengharumkan nama bangsa.

Jokowi berharap prestasi ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi para atlet maupun masyarakat Indonesia untuk terus bekerja keras.

Baca juga: Video Call dengan Atlet Paralimpiade, Jokowi: Setelah 41 Tahun Kita Raih Emas Lagi

Ia juga berpesan kepada para atlet untuk tidak lalai dan terus mempersiapkan diri menyambut Paralimpiade Perancis yang akan dihelat pada 2024.

"Dan kita harapkan di Paralimpiade 2024 nanti kita bisa meraih medali dan prestasi yang lebih tinggi lagi," kata Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com