Haornas 2021, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Atlet dan Pelatih Olimpiade-Paralimpiade

Kompas.com - 09/09/2021, 14:47 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam peringatan Haornas ke-38. KemenporaPresiden Joko Widodo memberikan sambutannya dalam peringatan Haornas ke-38.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia olahraga internasional.

Jokowi mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 yang jatuh pada 9 September 2021 hari ini diperingati Indonesia dengan catatan prestasi yang membanggakan.

Hal ini karena para atlet berhasil meraih berbagai medali dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas

"Apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras para atlet, ketekunan dari para pelatih yang telah mampu mengasah talenta-talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi-prestasi olahraga," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Kemenpora RI, Kamis (9/9/2021).

Jokowi mengatakan, prestasi yang diraih para atlet bukan hanya menginsprasi dan membanggakan bangsa, tetapi juga memacu lahirnya prestasi-presrasi olahraga lainnya yang lebih gemilang di masa mendatang.

Prestasi itu, kata dia, tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan dari sebuah proses pembinaan dari hulu hingga ke hilir yang sistematis dan berkelanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, Jokowi ingin prestasi di bidang olahraga terus ditingkatkan agar semakin banyak atlet yang unggul di kancah internasional.

"Kita harus fokus bekerja untuk mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga, agar lahir semakin banyak atlet unggul berprestasi, yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, yang berpotensi besar mendulang medali di Olimpiade," ujarnya.

Jokowi menyebutkan, Indonesia punya bibit unggul di berbagai cabang olahraga. Mulai dari bulutangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung hingga senam artistik.

Ada pula dua cabang olahraga lainnya yang perlu dipersiapkan dengan baik yakni pencak silat dan wushu.

Baca juga: Jokowi Ingin Makin Banyak Atlet RI Unggul di Kancah Internasional

Dengan banyaknya bibit unggul yang dimiliki RI, Presiden mengajak para pemangku kepentingan bekerja sama menciptakan eksosistem industri olahraga yang semakin modern.

Berbagai kompetisi olahraga yang sehat juga perlu diselenggarakan untuk memacu prestasi. Ia ingin  talenta-talenta unggul ditemukan sejak dini, sehingga menjadi fondasi kuat untuk memajukan dunia olahraga Tanah Air.

"Selamat Hari Olahraga Nasional ke-38 kepada seluruh insan olahraga Indonesia, kepada seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan-kemajian olahraga di negara kita Indonesia," kata Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.