Kompas.com - 08/09/2021, 17:31 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berpidato di Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Minggu (5/9/2021). Kemeko PolhukamMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berpidato di Universitas Widya Mataram Yogyakarta, Minggu (5/9/2021).

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah berencana membangun sejumlah lembaga pemasyarakatan baru menyusul terjadinya kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyarankan agar lapas baru yang kelak dibangun memanfaatkan lahan yang disita pemerintah dari kasus BLBI.

"Saya sudah bicara dengan Kementerian Keuangan tadi tanah-tanah yang dari BLBI yang sekarang kami kuasai itu oke nanti kalau lembaga permasyarakatan perlu berapa ribu hektar di seluruh Indonesia," kata Mahfud di Lapas Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9/2021).

"Itu tidak terlalu sulit, tinggal kami mencari anggarannya," lanjutnya.

Mahfud mengatakan, pembangunan itu sudah dibicarakan sejak 17 tahun lalu. Namun, pembicaraan dengan DPR belum menemui titik terang karena tersendat masalah anggaran.

"Sejak tahun 2004 antara pemerintah dan DPR, tetapi selalu tidak jadi karena pertimbangan anggaran pertimbangan ini itu," nilai dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penghuni Lapas Melebihi Kapasitas, Pendekatan Baru Manajemen Pemasyarakatan Dinilai Perlu


Sementara itu, dalam konferensi pers sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly mengakui Lapas Kelas 1 Tangerang kelebihan penghuni (over capacity) bahkan hingga 400 persen.

"Lapas Tangerang ini over capacity 400 persen. Penghuni ada 2.072," ujar Yasonna.

Lebih lanjut, Yasonna mengatakan bahwa narapidana yang dipenjara di dalam lapas dari beragam kasus.

Namun, lebih dominan adalah kasus penyalahgunaan narkotika yang mencapai hingga 50 persen dari total kapasitas lapas.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.