Kompas.com - 08/09/2021, 12:08 WIB
Petugas PMI keluar dari dalam lapas usai melakukan evakuasi korban kebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 A Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww. ANTARAFOTO/MUHAMMAD IQBALPetugas PMI keluar dari dalam lapas usai melakukan evakuasi korban kebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 A Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menyampaikan belasungkawa atas peristiwa kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang yang menewaskan 41 orang warga binaan.

Hal itu disampaikan Yasonna dalam konferensi pers sesuai meninjau keadaan di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021) siang.

"Saya menyampaikan turut belasungkawa dan berduka cita yang sedalam-dalamnya terhadap seluruh keluarga dari 41 orang korban musibah kebakaran yang terjadi di penghuni Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang," kata Yasonna, dikutip dari tayangan Kompas TV.

Baca juga: Menkumham dan Wamenkumham Cek Langsung Lokasi Kebakaran Lapas Tangerang

Yasonna mengatakan, dalam kunjungannya itu, ia sudah bertemu dengan dua orang keluarga korban untuk menyampaikan belasungkawa secara langsung.

"Saya memanggil mewakili keluarga untuk berbicara dengan mereka, menyatakan ungkapan belasungkawa kami," ujar Yasonna.

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna menyampaikan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ia mengatakan, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab kebakaran.

"Kita tidak mau berspekulasi, sementara yang kita lihat masih sangat kasat mata itu dugaannya adalah karena arus pendek," kata Yasonna.

Baca juga: ICJR Duga Mitigasi Kebakaran Lapas Tangerang Terhambat karena Overcapacity


Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman sebelumnya menyebutkan, 41 orang meninggal dunia akibat kejadian tersebut, 8 orang luka berat dan dirawat di rumah sakit rujukan dan 9 orang mengalami luka ringan dan dirawat di klinik.

Pihak keluarga korban dipersilakan menghubungi call center 0813 8355 7758 untuk mendapatkan update informasi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.