Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2021, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menyatakan partainya kini telah disahkan sebagai badan hukum oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada 20 Agustus 2021.

Dengan demikian, kata Ridho, Partai Ummat telah resmi sebagai partai politik yang sah di hadapan hukum.

"Dengan menyebut nama Allah SWT, kami umumkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mengesahkan Badan Hukum Partai Ummat," kata Ridho dalam acara virtual Pengumuman Badan Hukum Partai Ummat dan Peresmian Kantor DPP, Sabtu (28/8/2021).

Baca juga: Agung Mozin Keluar dari Partai Ummat

Keputusan pengesahan itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Nomor: M.KH Kep13.AH.11.01 Tahun 2021 tertanggal 20 Agustus 2021 tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat.

Selain itu, Menkumham juga mengesahkan Partai Ummat sebagai badan hukum yang memiliki kantor di Jalan Tebet Timur Dalam Raya Nomor 63, RT 007 RW 011 Tebet, Jakarta Selatan.

"Dinyatakan dalam akta notaris Nomor 23 Tanggal 25 April 2021 tentang Akta Pendirian Partai Ummat," ucap Ridho yang juga menantu Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais.

Ridho mengatakan, keputusan Menkumham tentang badan hukum Partai Ummat berlaku sejak tanggal yang ditetapkan yaitu 20 Agustus 2021.

Ridho bersyukur atas segenap upaya kerja keras pimpinan hingga anggota Partai Ummat sehingga mendapatkan pengesahan sebagai badan hukum.

Baca juga: Reformasi 1998 dan Petualangan Politik Amien Rais, dari Mendirikan PAN hingga Partai Ummat

Tak hanya itu, Ridho juga berterima kasih kepada Kemenkumham khususnya kepada Menkumham Yasonna Laoly atas pengesahan badan hukum Partai Ummat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia khususnya kepada Menteri, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Direktur Tata Negara beserta jajarannya yang telah memberikan informasi dan arahan terkait proses pengajuan badan hukum dan menjalankan prosedur pengesahan dengan baik," tutur Ridho.

Adapun Partai Ummat dideklarasikan pada Kamis (29/4/2021) oleh Ketua Majelis Syuro partai, Amien Rais.

Amien Rais menyatakan, Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya akan bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan kehidupan nasional, sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra-parlementer dan cara-cara ekstra-konstitusional," kata Amien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com