9 Komoditas Jadi Sasaran Kerja Badan Pangan Nasional Bentukan Jokowi

Kompas.com - 25/08/2021, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak sembilan jenis bahan pangan akan menjadi sasaran tugas dari Badan Pangan Nasional.

Hal itu berdasarkan ketentuan dalam Peraraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 yang baru saja ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari lembaran perpres yang telah diunggah di laman resmi Sekretariat Negara, Rabu (25/8/2021), pada pasal 4 ayat (1) menyatakan pangan yang menjadi tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional terdiri dari sembilan jenis.

Baca juga: Pemerintah Ditagih soal Pembentukan Badan Pangan Nasional

Kesembilan bahan pangan itu adalah beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminasia (hewan pemamah biak), daging unggas serta cabai.

Kemudian, pada pasa 4 ayat (2) disebutkan bahawa perubahan komoditas pangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh presiden.

Masih dilansir dari Perpres 66, Badan Pangan Nasional disebutkan akan bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan.

Badan ini merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Baca juga: Teken Perpres, Jokowi Bentuk Badan Pangan Nasional

Adapun Badan Pangan Nasional dipimpin oleh kepala. Kemudian, badan ini juga akan melakukan sejumlah fungsi, antara lain koordinasi, perumusan, dan penetapan kebijakan ketersediaan pangan, stabilisasi pasokan dan hargapangan, kerawanan pangan dan gizi,penganekaragaman konsumsi pangan, dan keamanan pangan.

Selain itu juga melaksanakan pengadaan, pengelolaan, danpenyaluran cadangan pangan pemerintah melaluiBadan Usaha Milik Negara di bidang pangan serta pengembangan sistem informasi pangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.