Kompas.com - 19/08/2021, 12:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Paripurna DPR RI ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 pada Kamis (19/8/2021) salah satunya mengagendakan pelantikan anggota pergantian antarwaktu (PAW) sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Adapun anggota dewan yang digantikan adalah Ahmad Hanafi Rais yang merupakan anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pengganti Ahmad Hanafi Rais di DPR adalah Ibnu Mahmud Bilalludin dari Fraksi PAN yang juga berasal dari dapil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Calon Pengganti Hanafi Rais di DPR Mundur dari PAN

Adapun pelantikan anggota pergantian antarwaktu ini berdasarkan petikan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 96/P Tahun 2021 tentang Peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR dan Anggota MPR Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Pelaksanaan pelantikan pun dilakukan dengan pengambilan sumpah jabatan.

Ketua DPR Puan Maharani memimpin jalannya pelantikan terhadap Ibnu Mahmud Bilalludin.

Puan menanyakan kesediaan Ibnu untuk dilantik sebagai anggota DPR dengan sumpah jabatan sesuai agama Islam.

"Sebelum memangku jabatan anggota dewan perwakilan rakyat, saudara bersedia disumpah menurut agama Islam?" tanya Puan.

"Bersedia," jawab Ibnu.

Selanjutnya, politikus PDI-P itu mengingatkan kepada Ibnu bahwa sumpah jabatan tersebut mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Baca juga: Polisi: Kendaraan yang Tabrak Mobil Hanafi Rais di Tol Cipali Kabur

Ia mengatakan, dalam sumpah jabatan tersebut, anggota DPR dan MPR juga wajib bertanggung jawab dalam memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap, Saudara mengikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," ujar Puan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota dewan perwakilan rakyat, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata Puan yang diikuti oleh Ibnu.

Baca juga: Mumtaz Rais Sindir Sang Kakak, Hanafi Rais, Tak Dewasa Berpolitik

Acara dilanjutkan dengan pemberian selamat oleh pimpinan DPR kepada Ibnu lalu foto bersama.

Dengan demikian, mulai hari ini, Ibnu Mahmud Bilalludin resmi menggantikan Ahmad Hanafi Rais di DPR untuk periode 2019-2024.

Ahmad Hanafi Rais digantikan oleh Ibnu Mahmud Bilalludin setelah menyatakan mundur dari PAN pada Mei 2020.

Ahmad Hanafi menyatakan mundur dan bergabung dengan Partai Ummat yang digagas oleh Amien Rais.

Ibnu Mahmud terpilih karena merupakan peraih suara ketiga terbanyak di Dapil DIY setelah Hanafi Rais dan Yuni Astuti. Adapun Yuni berpindah ke Partai Perindo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.