Kompas.com - 13/08/2021, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menceritakan bahwa dirinya baru saja membeli sepasang sepatu baru pada Jumat (13/8/2021).

Sepatu bermodel sneakers berwarna hitam itu dibelinya dari atlet bulu tangkis nasional yang baru saja meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Gresya Polii.

"Saya baru saja membeli sepatu baru. Jenisnya sneaker kesukaan saya, mereknya Fine Counsel," kata Jokowi dalam akun Instagram resminya @jokowi.

"Dan yang istimewa, sepatu ini buatan dalam negeri yang pemilik usahanya anda kenal semua: Greysia Pollii," ucap Presiden.

Baca juga: Saat Greysia Polii Tawarkan Sepatu Produk UMKM Miliknya ke Jokowi

Jokowi mengungkapkan bahwa dari hasil perbincangannya bersama Greysia terungkap rencana sang atlet jika nanti sudah pensiun sebagai pemain bulu tangkis profesional.

Greysia, kata Jokowi, akan menekuni usaha pakaian dan sepatu yang sudah dirintis.

"Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo ini diam-diam rupanya telah menyiapkan rencana masa depannya setelah tak lagi mengayun raket. Ia sudah punya usaha sepatu dan pakaian yang produksinya di Malang," tutur Kepala Negara.

Jokowi melanjutkan, sepatu produksi Greysia itu ditawarkan kepadanya usai acara penyerahan bonus untuk para atlet dan pelatih kontingen Indonesia.

"Pagi tadi, Greysia datang ke Istana bersama kontingen Indonesia yang baru pulang dari Jepang, menerima bonus, seraya menawarkan sepatu produksinya ini. Sepasang sneakers dari kulit yang katanya dikerjakan sendiri oleh tangan-tangan terampil orang Indonesia sendiri, tapi berkualitas dunia," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Serahkan Bonus Rp 5,5 Miliar ke Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Menurut Jokowi, tawaran itu menjadi kebetulan karena dirinya sedang ingin menambah koleksi sepatu sneakers.

"Kebetulan juga, sudah saatnya saya menambah sepatu sneakers," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, saat menerima para atlet kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi secara khusus mengapresiasi pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Jokowi menekankan bahwa keduanya mampu menyambung tradisi raihan emas untuk Indonesia melalui cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade.

Sebagaimana diketahui, dalam laga final bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2021, Greysia Polii bersama Apriyani Rahayu berhadapan dengan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Baca juga: Jokowi: Terima Kasih atas Medali Emas Bulu Tangkis, Lanjutkan Tradisi

Presiden Joko Widodo mencoba sepatu produk UMKM milik Greysia Polii usai menerima para atlet kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021). dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo mencoba sepatu produk UMKM milik Greysia Polii usai menerima para atlet kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (13/8/2021).
Keduanya berhasil unggul dalam dua game pertandingan dengan skor 21-19, 21-15 dan meraih medali emas untuk kategori tersebut.

Usai acara resmi bersama Presiden, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali serta para pejabat terkait lain, para atlet diberikan kesempatan untuk kegiatan ramah-tamah.

Saat itu, Greysia Polii mendekati Presiden Jokowi.

Awalnya, dia menunjukkan raket yang dipakainya saat meraih medali emas di Olimpiade kepada Jokowi.

Baca juga: Dari Rp 5,5 Miliar hingga Rp 100 Juta, Ini Rincian Bonus Atlet dan Pelatih Olimpiade Tokyo

Greysia lantas menceritakan rencananya apabila nanti sudah pensiun sebagai atlet bulutangkis.

"Pak, saya sudah siap kalau gantung raket mau jadi pengusaha. Saya sudah punya produknya dan usaha saya sudah jalan," tutur Greysia.

Dia kemudian menunjukkan produk usahanya yang berupa sepatu kulit kepada Jokowi.

"Ini, Pak, produknya," kata dia seraya menunjukkan sebuah sepatu kulit berwarna hitam kepada Presiden.

Greysia lalu menawarkan produk sepatu itu kepada Jokowi.

"Beli ya, Pak, satu. Harganya Rp1.100.000. Saya enggak ngasih loh ya, Pak. Ini Bapak beli produk saya. Ini UMKM soalnya. Produksinya di Malang," ucap perempuan berdarah Manado itu.

Baca juga: Cerita Greysia-Apriyani kepada Jokowi, Akui Deg-degan Saat Set Pertama

Mendengar hal itu, Jokowi sempat bertanya mengapa harga sepatu tersebut cukup mahal.

Presiden membandingkan dengan sepatu yang dipakainya saat itu seharga Rp300.000,-.

"Kok mahal? Ini sepatu yang saya pakai saja harganya cuma Rp300.000," tutur Jokowi.

Greysia lantas menjelaskan alasannya. Dia mengungkapkan, sepatu produksi UMKM miliknya tersebut merupakan produk fashion dan menggunakan bahan kulit.

Dia juga menyebutkan bahwa semua kru pembuatan sepatu adalah orang Indonesia.

Baca juga: Video Call dengan Greysia/Apriyani, Jokowi: Saya Senang Banget dan Bangga

Adapun dari tahapan desain produk, merakit sepatu sampai final pascaproduski 100 persen dikerjakan di Indonesia.

Jokowi pun memahami penjelasan tersebut.

Akhirnya, Jokowi pun membeli sepasang sepatu tersebut sesuai dengan ukuran yang biasa dipakainya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, sepatu yang ditunjukkan Greysia dan akhirnya dibeli oleh Jokowi tersebut bermodel seri Reverence Sterling Black.

Sepatu hitam itu memiliki model sneakers dengan bahan full kulit.

Fine Counsel sendiri saat ini telah memproduksi tiga jenis produk yakni sepatu sneakers full leather, sepatu kanvas dan apparel (sweatshirt, hoodie).

Produk tersebut pun sudah diekspor dan dipakai oleh para pelanggan dari berbagai negara, antara lain Belanda, Australia, Mexico, Malaysia, Jepang, Korea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.