Tahun Baru Islam, Wamenag Harap Umat Lebih Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/08/2021, 17:27 WIB
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi. Dok. KemenagWakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi berharap umat Islam dapat lebih tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Ketangguhan tersebut merupakan salah satu hikmah yang dapat diambil umat Islam dalam rangka perayaan tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1443 H pada Selasa (10/8/2021) besok.

Menurut Zainut, umat Islam bisa mengambil hikmah dari peristiwa monumental perpindahan Rasulullah dari Mekkah ke Madinah tersebut.

"Hikmah dan nilai-nilai hijrah mendorong dan menginspirasi kita semua agar membina ketangguhan umat dan bangsa. Nilai ketangguhan ini sangat relevan dalam menghadapi pandemi," ujar Zainut, dikutip dari siaran pers, Senin (9/8/2021).

Zainut mengatakan, ketangguhan sangat diperlukan di tengah pandemi yang tak berkesudahan ini.

Baca juga: Menaker Imbau Semua Pihak Ikuti Pergeseran Libur Tahun Baru Islam Jadi 11 Agustus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baik dari sisi aspek mental spiritual, kesehatan, sosial, ekonomi, hingga di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apalagi, kata dia, umat Islam selama ini memahami bahwa hijrah Nabi Muhammada SAW dari Mekkah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang memiliki nilai istimewa dalam perjuangan dakwah Rasulullah.

"Sejarah memberi pelajaran yang amat berharga kepada umat Islam tentang makna hijrah untuk kehidupan yang lebih baik," kata dia.

Zainut juga mengajak masyarakat dapat mengaktualisasikan hikmah dan nilai-nilai yang terkandung dalam hijrah tersebut.

Salah satunya dengan melakukan kolaborasi kebaikan untuk membangun akhlak, kesejahteraan, dan peradaban kemanusiaan yang lebih baik serta lebih maju.

Sebab tahun baru Islam kali ini berdekatan dengan peringatan HUT ke-76 RI, kata dia, maka diharapkan dapat menambah nuansa spiritual penambahan usia bangsa ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.