Kompas.com - 05/08/2021, 20:35 WIB
Nelayan membawa hasil perikanan DOK. Humas Kementerian Kelautan dan PerikananNelayan membawa hasil perikanan

KOMPAS.com – Sektor perikanan menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang triwulan II 2021. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan sektor perikanan sebesar 9,69 persen.

Kenaikan pertumbuhan tersebut dipicu meningkatnya produksi perikanan budi daya dan perikanan tangkap berkat cuaca yang mendukung.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia pada triwulan II 2021 tumbuh sebesar 7,07 persen year on year (yoy) dari triwulan II 2020. Pada waktu ini, perikanan termasuk sektor yang mengalami pertumbuhan signifikan.

“Ini kabar baik. Menunjukkan bahwa produktivitas sektor kelautan dan perikanan (KP) tidak kendor meski pandemi Covid-19 masih melanda. Kita akan pacu terus agar sektor KP ini menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi negara,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) Sakti Wahyu Trenggono melalui siaran pers resminya, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Jaga Sektor Kelautan dan Perikanan, Menteri KP Bekali BROL Jembrana dengan Teknologi Mumpuni

Masih berdasarkan data BPS, nilai produk domestik bruto (PDB) perikanan pada triwulan II 2021 tercatat sebesar Rp 188 triliun atau 2,83 persen terhadap nilai PDB nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilai PDB itu naik dibandingkan dengan triwulan I, yakni sebesar Rp 109,9 triliun atau 2,77 persen terhadap nilai PDB Nasional.

Kontribusi tersebut belum memperhitungkan pertumbuhan lapangan usaha subsektor kelautan dan perikanan yang menjadi tanggung jawab Kementerian KP berdasarkan Undang-undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) dan regulasi turunannya.

Beberapa regulasi turunan, di antaranya komoditas pengolahan hasil perikanan, komoditas pergaraman, biofarmakologi dan bioteknologi dari hasil laut, hingga jasa-jasa kelautan.

Untuk diketahui, Kementerian KP memiliki tiga program prioritas dalam menggenjot produktivitas sektor kelautan dan perikanan hingga tahun 2024.

Baca juga: Aquaponik, Budidaya Ikan dan Tanaman Hidroponik di Lahan Terbatas

Dalam bidang perikanan budi daya, misalnya, Kementerian KP mendorong melejitnya hasil produksi sejumlah komoditas berorientasi ekspor. Salah satu komoditas yang digenjot adalah udang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.