Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 569 penerjun payung dari TNI AD dan United States Army (US-Army) mengudara di atas langit Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021).

Penerjunan tersebut merupakan latihan bersama antara TNI AD dan US Army bertajuk "Garuda Airborne" yang masih bagian dari latihan gabungan Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.

Ratusan penerjun payung tersebut terdiri dari 91 penerjun TNI AD dan 478 penerjun US Army.

Baca juga: KSAD Buka Latihan Terbesar TNI AD-US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat membuka latihan bersama menyebut bahwa agenda ini merupakan latihan terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer TNI AD dan US Army.

Andika mengatakan bahwa latihan terbesar ini merupakan pengalaman pertama terjun lintas negara yang tidak pernah dialami generasi sebelumnya.

"Bagi generasi muda yang tergabung dalam latihan ini, semoga melalui Garuda Shield akan membentuk prajurit-prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yang profesional dan bertaraf internasional," ujar Andika dalam keterangan tertulis, Rabu.

Sebelum melakukan penerjunan, para penerjun yang terpilih dari satuan TNI AD lebih dulu menjalani latihan bersama dengan prajurit Divisi 82 Airborne US Army di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat sejak 16 Juli 2021.

Baca juga: TNI AD-US Army Gelar Latihan Gabungan Garuda Shield di 3 Titik

Latihan bersama Garuda Airborne ini merupakan penerjunan lintas negara yang baru pertama kali dilakukan antar militer kedua negara.

Setelah menyelesaikan misi pendaratan, Andika dan Commanding General USARPAC USA General Charles A Flynn menyematkan wing terjun kepada 569 penerjun di titik tinjau penerjunan, daerah Talang Sipin Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.