Kompas.com - 04/08/2021, 16:18 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) Megawati Soekarnoputri peluncuran buku ?Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam? yang diunggah di akun Youtube PDI-P, Rabu (24/3/2021). DOK. Humas Pemkot SemarangKetua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI-P) Megawati Soekarnoputri peluncuran buku ?Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam? yang diunggah di akun Youtube PDI-P, Rabu (24/3/2021).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyoroti menilai, kegiatan pelatihan untuk pertolongan maupun penanganan bencana di Indonesia masih sangat minim.

Hal itu disampaikan Megawati dalam acara Pelatihan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami PDI Perjuangan yang ditayangkan akun YouTube PDI Perjuangan, Rabu (4/8/2021).

"Saya melihat, mohon maaf, dari bagian keamanan dan pertahanan Republik ini, kalau buat saya kan kurang sekali ada pelatihan. Ya TNI, ya Polri, ya Basarnas, ya BNPB, ya saya kalau partai Baguna (Badan Penanggulangan Bencana PDI-P)," kata Megawati saat memberikan pengarahan, Rabu.

Baca juga: Menko PMK: Ada 1.500 Kejadian Bencana Sepanjang Tahun 2021

Megawati menuturkan, pelatihan sangatlah penting karena menurutnya apa yang terjadi di lapangan tidak semuanya sesuai dengan teori-teori yang ada.

Selain itu, kata Megawati, tanpa latihan maka kekuatan orang menjadi tidak terukur.

"Saya bilang, lah kamu enggak bisa berenang mau tolong orang tenggalam, terus ya kamau sendiri yg melu (ikutan) tenggelam," ujar Megawati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden kelima RI itu pun heran mengapa kegiatan pelatihan untuk penanganan bencana di Indonesia masih sangat sedikit.

"Saya sendiri tidak tahu anggarannya berapa, tapi kan itu kan bisa dibicarakan ke DPR, bahwa pelatihan-pelatihan itu harus sebenarnya," kata Megawati.

Baca juga: 130 Bencana Alam Terjadi di Indonesia Selama Juli 2021

Ia pun mengaku tidak ambil pusing apabila pernyataannya ini mengundang beragam reaksi dari masyarakat.

Menurut dia, apa yang ia sampaikan bertujuan untuk memastikan nyawa-nyawa manusia yang terdampak bencana dapat diselamatkan.

"Ini kan banyak orang kalau mendengar saya berbicara selalu ada komentar 'ibu itu sampai hal kecil-kecil kok diperhatikan' lho saya bilang, hal kecil apapun kalau dapat membantu nyawa manusia harus kamu perhatikan," kata Megawati.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.