Kompas.com - 31/07/2021, 21:20 WIB

KOMPAS.com - Persaingan antarbangsa di era globalisasi mencakup segala aspek, seperti ekonomi, perdagangan, pertahanan, teknologi informasi, dan komunikasi. Agar Indonesia mampu bersaing di kancah global, potensi generasi milenial sebagai ujung tombak bangsa harus dipersiapkan sejak dini. 

Oleh karena itu, untuk mendorong generasi milenial terus berkarya, khususnya di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Ngopi Daring Nasional.

Acara bertajuk “How To Boost Millenial HR During Pandemic” tersebut dilaksanakan oleh Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) secara daring pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Menaker Minta Perusahaan Serahkan Data Pekerja yang Dapat BSU ke BPJS Ketenagakerjaan

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, masa pandemi Covid-19 merupakan momentum baik bagi seluruh pihak untuk mendongkrak potensi. Baik oleh institusi pendidikan, generasi milenial, maupun pelaku usaha untuk bangkit dan terus berkarya.

Dengan demikian, masyarakat turut menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Bagi institusi pendidikan, khususnya Polteknaker, harus terus mampu mengedepankan research and development yang terpogram bagi peningkatan sumber daya manusia (SDM) generasi milenial,” ujar Anwar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (31/7/2021).

Anwar menjelaskan, seiring kemajuan informasi, teknologi, dan informasi, kalangan milenial harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Dengan begitu, kaum milenial dapat menjadi agen perubahan dalam berbagai bidang pembangunan.

Baca juga: Lindungi Dunia Usaha dan Buruh, Kemenaker Terus Persiapkan BSU

Sementara itu, pelaku usaha di dunia usaha dan industri (DUDI) juga harus mampu mengelola dan memastikan praktisi human resource (HR) fokus menggali potensi SDM dari kalangan milenial.

Dengan demikian, kinerja dan ketahanan (resilience) perusahaan di masa pandemi dapat terus tumbuh untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya berharap, acara Ngopi Daring Nasional ini menjadi program berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi generasi milenial sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih luas terhadap perekonamian nasional,“ ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.