Kompas.com - 30/07/2021, 11:43 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021). Humas Kemenko PMKMenko PMK Muhadjir Effendy saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengusulkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 turut diintensifkan bagi masyarakat pengguna transportasi kereta.

Baik itu kereta api jarak jauh antar kota, maupun commuter line yang berada di dalam kota.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021).

"Dengan demikian, maka mereka yang selalu menggunakan jasa kereta api terjamin keamanannya sehingga dia naik kereta nyaman karena telah divaksin," ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers, Jumat (30/7/2021).

Menurut Muhadjir, vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di tempat dengan mobilitas tinggi seperti stasiun merupakan keputusan yang tepat.

Baca juga: Sasar 3 Juta Warga Jakarta, Vaksinasi Covid-19 Merdeka Ditargetkan Rampung 17 Agustus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi mereka yang divaksin juga akan menambah kenyamanannya, khususnya para pelanggan kereta api yang rutin menggunakannya.

"Kemudian keamanan mereka yang berkendara dengan kereta api. Itu aman untuk dirinya dan untuk yang lain yang mungkin belum mendapatkan kesempatan untuk divaksin," kata dia.

Adapun dalam vaksinasi dari PT KAI tersebut, disediakan 900 vaksin dosis pertama.

Pelaksanaannya digelar di 4 stasiun KRL, yakni Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Duri, dan Stasiun Angke.

Kegiatan vaksinasi tersebut telah dimulai sejak Minggu (25/7/2021) lalu.

Setiap harinya, sekitar 200 sampai 300 vaksin dosis pertama diberikan kepada para penumpang maupun masyarakat yang ada di sekitar stasiun.

Baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata, Wapres Minta Vaksinasi Covid-19 Segera Capai Herd Immunity

Bahkan masyarakat yang ingin mengikuti vaksin di 4 stasiun tersebut pun dapat mendaftar melalui website vaksinasi.krl.co.id dan bisa secara langsung mendaftar di lokasi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Didiek Haryanto dan jajaran PT KAI dan PT KCI.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.