Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Terjadi Peningkatan Kematian, Satgas Covid-19 Minta Pemda dan Masyarakat Lakukan Ini

Kompas.com - 29/07/2021, 18:41 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masih terjadinya peningkatan kasus kematian akibat Covid-19 perlu terus dievaluasi.

Oleh karenanya pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat diharapkan dapat mendukung pencegahan potensi kematian akibat Covid-19.

"Masih terjadinya peningkatan kematian ini tentunya perlu untuk terus dievaluasi. Untuk itu penting dipahami bahwa kita semua dapat melakukan upaya terbaik untuk menekan angka kematian ini," ujar Wiku dalam keterangan pers secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: UPDATE: Sebaran 1.893 Kasus Kematian Covid-19, Jawa Tengah Tertinggi

Wiku menjelaskan, pemda dapat selalu memantau kondisi RS di wilayah masing-masing.

Kemudian, pemda juga diminta melakukan antisipasi kenaikan kasus Covid-19 dengan memastikan ketersedian oksigen, obat-obatan, tempat tidur RS, dan tenaga kesehatan yang bertugas.

"Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan sehingga kematian dapat dihindari," tegas Wiku.

Sementara itu untuk masyarakat bila masuk dalam golongan yang mengalami gejala Covid-19 sedang atau berat, berusia di atas usia 45 tahun, menderita komorbid dan atau tidak punya tempat memadai untuk isolasi mandiri kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri secara sendirian.

Baca juga: Satgas: Jumlah Kematian Sepanjang Juli Jadi yang Tertinggi Selama Pandemi

"Manfaatkanlah tempat isolasi terpusat yang tersedia oleh pemerintah di wilayah anda. Perawatan di tempat isolasi terpusat dipantau langsung tenaga kesehatan, baik tanda vitalnya, pola gejala, pola makan dan obata-obagan sehingga apabila terjadi perburukan bisa langsung ditangani," tambah Wiku.

Sebelumnya Wiku mengatakan, jumlah kematian akibat Covid-19 pada Juli 2021 ini menjadi yang tertinggi sepanjang pandemi.

Kematian akibat Covid-19 pada dua minggu terakhir bertambah lebih dari 1.000 setiap hari.

Bahkan pada 27 Juli 2021 lalu tercatat sebanyak 2.069 kematian dalam sehari.

Sementara itu sejak awal hingga 28 Juli 2021 tercatat sebanyak 30.168 kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Tingkat Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Capai 36 Persen, Ini Penyebabnya

Wiku mengungkapkan, angka kematian ini sangat tinggi mengingat sebelumnya kematian tertinggi terjadi pada Juni lalu, yakni sebanyak 7.913 kematian.

Sementara itu, jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah hingga Kamis (28/7/2021).

Tercatat ada penambahan pasien meninggal sebanyak 1.893 orang dalam 24 jam terakhir. sehingga total pasien meninggal selama pandemi adalah 90.552 orang.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kamis sore. Data juga bisa diakses melalui laman covid19.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com