Kompas.com - 29/07/2021, 16:01 WIB
Pemberian suntikan vaksin Pixabay/kfuhlertPemberian suntikan vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan memvaksinasi Covid-19 sebanyak total 7.200 pekerja migran Indonesia bermasalah (PMIB) yang dipulangkan Malaysia. Para pekerja migran pulang bertahap ke Tanah Air. 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Femmy Eka Kartika Putri mengatakan, pemerintah telah mengajukan permohonan fasilitas pengaturan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada PMIB.

Pemberian vaksin tersebut diusulkan diberikan di titik debarkasi seperti Bandara Soekarno-Hatta atau di tempat karantina.

Baca juga: Tiba di Indonesia, 3.594 Pekerja Migran Indonesia Dikarantina di Wisma Atlet Pademangan

“Kita berharap mereka juga bisa mendapatkan haknya agar ketika kembali ke kampung halaman, mereka sudah divaksinasi sehingga bisa lebih terjamin kesehatan dan keselamatan dari bahaya Covid-19,” ujar Femmy, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Kamis (29/7/2021).

Femmy menuturkan ada sejumlah persoalan dalam program vaksinasi PMIB.

Antara lain karena tidak semua PMIB memiliki KTP atau paspor. Mereka hanya memiliki Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sedangkan layanan vaksin harus memiliki NIK sebagaimana tercantum pada KTP," kata dia.

"Persoalannya, ketika mereka akan kembali ke kampung halaman harus memiliki bukti vaksin pertama yang dalam pelaksanaannya mempersyaratkan NIK,” jelas Femmy.

Saat ini, sebanyak 339 PMIB kelompok rentan dari Malaysia yang baru tiba di Tanah Air sedang menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

Baca juga: Kemendagri Tegaskan Urus Administrasi Kependudukan Tak Perlu Pakai Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Koordinator Karantina Kesehatan Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Imran Pambudi mengatakan, pihaknya telah melakukan penyiapan vaksinasi di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta.

Vaksinasi tersebut akan dilakukan pada hari ke-8 bagi PMIB yang hasil RT-PCR keduanya negatif.

"Secara teknis kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Subdit Imuniasi Ditjen P2P Kemenkes terkait dukungan log vaksin dan kelengkapannya," ujar dia.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.