Kompas.com - 24/07/2021, 15:12 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani saat memberikan keterangan di kediaman Prabowo, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOSekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani saat memberikan keterangan di kediaman Prabowo, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta anggota DPRD-nya di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk mendesak kepala daerah segera mencairkan insentif bagi tenaga kesehatan (nakes).

Hal ini disebabkan anggaran insentif nakes yang dianggarkan pemerintah sebesar Rp 8,85 triliun baru terealisasi sebesar Rp 2,09 triliun.

"Kami menginstruksikan kepada seluruh anggota DPRD Fraksi Gerindra untuk meminta gubernur, bupati, dan wali kota untuk segera mencairkan insentif nakes di setiap daerah masing-masing," kata Muzani melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga: Cerita Nakes Penyintas Covid-19 Ramai-ramai Berdonor Plasma Konvalesen, Buat Grup hingga Donasikan Gratis

"Menanyakan perihal kendala pencairan sekaligus membahas bersama-sama percepatan pencairan insentif nakes dengan kepala daerahnya," lanjut dia.

Menurut Muzani, insentif adalah hak para nakes yang sudah bekerja keras sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, pencairan insentif bagi nakes merupakan hal yang patut untuk segera direalisasikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Insentif nakes merupakan apresiasi atas pelayanan kesehatan yang dilakukan tenaga kesehatan dan rumah sakit selama hampir dua tahun pandemi berjalan," ujarnya.

"Seperti penambahan rumah sakit darurat, tempat tidur hingga relawan. Maka, terlambatnya insentif ini harus direspons segera, karena itu merupakan hak nakes," lanjut dia.

Baca juga: Insentif Nakes Sudah Cair 100 Persen, Depok Dipuji Mendagri

Muzani juga menegaskan, Gerindra siap membantu setiap kendala bagi kepala daerah dalam mencairkan dana tersebut.

Muzani mengatakan partainya juga berkomitmen untuk terus memperjuangkan apa saja yang menjadi hak nakes yang merupakan instrumen terdepan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.