Kompas.com - 23/07/2021, 18:25 WIB
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar. Dokumentasi PKBKetua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta kadernya untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sebab, kata Muhaimin, keberhasilan pemerintah dalam penanganan pandemi akan berpengaruh pada PKB, salah satu partai koalisi pendukung pemerintah.

"Di satu sisi kita punya kekuatan strategis yaitu ikut mengarahkan dan menentukan, dan kalau berhasil maka otomatis kita ikut berhasil," kata Muhaimin, saat berpidato dalam acara peringatan HUT  ke-23 PKB, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Segera Cairkan Insentif Tenaga Kesehatan, Jangan Dihambat

"Di sisi yang lain, kalau pemerintah ini gagal, maka kita bisa berbahaya, menjadi partai yang gagal," kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Muhaimin menuturkan, sebagai partai pendukung pemerintah, PKB memiliki tanggung jawab yang akan diuji. Masyarakat akan melihat sejauh mana PKB bersama pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih, PKB menempatkan sejumlah kader di Kabinet Indonesia Maju serta menjadi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Namun, Muhaimin menilai, hal itu memang tidak terlalu berdampak signifikan karena jumlah kader PKB di kabinet maupun DPR bukan yang terbanyak.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Capai Rekor, Muhaimin Keluarkan Maklumat untuk Kader PKB

Oleh sebab itu, ia mendorong agar kader berperan aktif membantu pemerintah dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

"Kalau pemerintah gagal mengatasi pandemi ini, PKB harus menjadi pendorong untuk tidak boleh gagal. PKB harus menjadi kekuatan yang menyuplai energi kesuksesan di dalam pemerintahan," ujar Muhaimin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.