KILAS

Tak Ingin Warga Isoman Covid-19 Telantar, Pemkab Wonogiri Bentuk "Tim Work Sosial"

Kompas.com - 21/07/2021, 17:24 WIB
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. DOK. Humas Pemkab WonogiriBupati Wonogiri Joko Sutopo.

KOMPAS.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri membentuk "tim work sosial" untuk memantau secara langsung dan membantu pemulihan kesehatan warga yang sementara menjalani isolasi mandiri (isoman) Covid-19.

Tim Work Sosial merupakan satu upaya membangun mindset baru jangan sampai warga yang isoman lantaran terpapar covid-19 tambah terisolasi dan terasing,” katanya, Rabu (21/7/2021).

Bupati yang akrab disapa Jekek itu menuturkan, pembentukan tim work sosial untuk meningkatkan kepedulian dan kepekaan masyarakat yang melibatkan sumber daya yang dimiliki masyarakat Wonogiri.

Tim work sosial akan melibatkan tetanga terdekat para isoman dengan koordinator masing-masing ketua rukun tetangga (RT).

Jekek mengungkapkan, pembentukan tim work sosial setelah ditemukan kasus isoman yang semestinya harus segera dirawat rumah sakit tetapi tidak dilakukan.

Baca juga: Ada Lebih dari 1.000 Kasus Aktif Covid-19 di Wonogiri, Ini Penjelasan Bupati

Kondisi itu mengakibatkan ada beberapa isoman yang sudah kritis baru dibawa ke rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kenapa itu bisa terjadi karena setelah isoman masih ada beberapa pihak yang belum mendapatkan pendampingan secara khusus dan secara rutin,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Dia menilai, apabila tim work sosial bekerja, setiap warga yang menjalani isoman akan diketahui kondisi kesehatannya setiap waktu.

Jekek menjelaskan, tugas tim work sosial sederhana. Masing-masing warga terdekat diberikan kewajiban memberikan makanan secara bergantian dalam waktu tiga kali sehari.

Namun, biaya pembelian bahan atau masakannya diupayakan dari kas RT. Dengan demikian, keluarga terdekat isoman tidak terbebani lagi dengan biaya pembelian bahan makanan.

Baca juga: Cerita Difabel di Wonogiri Usai Divaksin Covid-19, Lega Setelah Menunggu 2 Bulan

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.