1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia, Pengiriman Tahap Kedua dari AS

Kompas.com - 15/07/2021, 17:06 WIB
Petugas kargo melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 jenis Moderna dari pesawat setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021). Sebanyak 3.060.000 dosis vaksin Moderna buatan perusahaan asal Amerika Serikat tiba di Indonesia melalui kerjasama multilateral COVAX facility. ANTARA FOTO/Fauzan/foc. ANTARA FOTO/FAUZANPetugas kargo melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 jenis Moderna dari pesawat setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021). Sebanyak 3.060.000 dosis vaksin Moderna buatan perusahaan asal Amerika Serikat tiba di Indonesia melalui kerjasama multilateral COVAX facility. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.500.100 dosis vaksin Covid-19 Moderna tiba di Indonesia pada Kamis (15/7/2021) sore.

Kedatangan vaksin pada Kamis ini merupakan tahap kedua dari vaksin asal Amerika Serikat (AS) itu.

"Hari ini kita kembali menerima kedatangan vaksin, jadi Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Berbagai Kelebihan dan Efek Samping Vaksin Covid-19 Moderna...

Retno menuturkan, kedatangan vaksin ini merupakan dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui jalur multilateral Covax Facility.

Dengan kedatangan Kamis ini, jumlah vaksin Moderna dukungan kerja sama pemerintah AS untuk Indonesia melalui skema Covax yang sudah diterima adalah sebesar 4.500.160 dosis.

Selain itu, kata Retno, pada Kamis malam sekitar pukul 20.25 WIB, Indonesia juga akan menerima pengiriman tahap kedua vaksin jadi AstraZeneca.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari pemerintah Jepang yakni sebesar 1.162.840 dosis," ungkapnya.

"Dan jumlah vaksin dukungan dose-sharing bilateral dari Jepang yang telah diterima per hari ini adalah sebesar 2.161.240 dosis," lanjut Retno.

Baca juga: 3 Juta Vaksin Moderna Tiba di Indonesia, Ditujukan untuk Siapa?

Dia pun menambahkan pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah AS dan pemerintah Jepang.

"Atas nama pemerintah Indonesia saya mengicapkan terima kasih dan pernghargaan kepada pemerintah AS dan Jepang yang telah berbagi dosis baisi naik lewat kerja sama bilateral maupun multilateral," tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.