Kompas.com - 11/07/2021, 14:49 WIB
Ilustrasi vaksin GX-19N dikembangkan perusahaan asal Korea Selatan akan segera dilakukan uji klinik di Indonesia oleh Kalbe Farma. Vaksin Covid-19 ini berbeda dari beberapa jenis vaksin yang telah beredar saat ini. Biaya vaksin Kimia Farma atau harga vaksin Kimia Farma. SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin GX-19N dikembangkan perusahaan asal Korea Selatan akan segera dilakukan uji klinik di Indonesia oleh Kalbe Farma. Vaksin Covid-19 ini berbeda dari beberapa jenis vaksin yang telah beredar saat ini. Biaya vaksin Kimia Farma atau harga vaksin Kimia Farma.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia baru saja mendapatkan vaksin Moderna dari Amerika Serikat sebanyak 3.000.060 dosis pada Minggu (11/7/2021).

Dengan tambahan itu, secara keseluruhan Indonesia telah menerima 122.735.260 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk vaksin jadi maupun vaksin curah.

"Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, dengan ketibaan vaksin Moderna hari ini, Indonesia telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: 3 Juta Vaksin Moderna dari Amerika Serikat Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Adapun rinciannya yakni Sinovac 108.500.000 dosis yang sebagian besar dalam bentuk
curah. Kemudian, AstraZeneca dari jalur Covax Facility sebanyak 8.236.800 dosis.

Lalu, vaksin Sinopharm berjumlah 2.000.000 dosis vaksin jadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun 500.000 di antaranya merupakan dukungan dari Pemerintah Uni Emirat Arab.

Selanjutnya, 998.400 dosis AstraZeneca yang merupakan dukungan doses-sharing bilateral dari Jepang dan Moderna yang merupakan dose-sharing dari Amerika Serikat melaui Covax Facility sebanyak 3.000.060 dosis.

Indonesia juga telah menerima tawaran dukungan dari beberapa negara, antara lain Jepang, akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat Umum dan Tenaga Kesehatan

Tawaran serupa juga datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan Uni Emirat Arab untuk dose-sharing yang kedua.

Retno mengatakan, jutaan vaksin dari jalur pengadaan komersial maupun dari dukungan
internasional dan bilateral direncanakan akan tiba pada Juli ini.

"Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan ketersediaan vaksin bagi Indonesia. Kesehatan dan keselamatan rakyat akan selalu menjadi prioritas," kata dia. 

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.