Kompas.com - 09/07/2021, 17:29 WIB
Petugas menurunkan tabung berisi oksigen dari truk di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021).Total 132 tabung oksigen dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel untuk 12 rumah sakit di Jakarta yang disediakan Provinsi DKI Jakarta hari ini seiring masih tingginya kasus Covid-19 aktif di Jakarta. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas menurunkan tabung berisi oksigen dari truk di Posko Darurat Oxygen Rescue, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021).Total 132 tabung oksigen dari Pabrik Gas Industri (PGI) milik Krakatau Steel untuk 12 rumah sakit di Jakarta yang disediakan Provinsi DKI Jakarta hari ini seiring masih tingginya kasus Covid-19 aktif di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan bantuan sejumlah alat kesehatan dari Singapura untuk membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Bantuan yang dikirim pada Jumat (9/7/2021) tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan kepada Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura Suryo Pratomo di Paya Lebar Air Base, Singapura.

Menlu Vivian berharap bantuan tersebut dapat membantu Indonesia dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kita tahu varian Delta menular dengan sangat cepat dan tentunya kami berharap agar Indonesia bisa segera mampu mengendalikan kasus penularannya,” ujar Vivian dikutip dari siaran pers, Jumat.

Baca juga: RI Mulai Terima Bantuan dari Singapura hingga Australia, Ini Daftarnya

Adapun bantuan peralatan kesehatan tersebut antara lain adalah ventilator, oxygen concentrator, tabung oksigen, masker medis, serta alat pelindung diri (APD).

Bantuan tersebut dikirim dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, ditujukan kepada Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pertahanan RI, dan Mabes TNI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada tahap pertama dikirimkan sebanyak 200 ventilator, 250 tabung oksigen kosong, 30 oxygen concentrator, serta peralatan medis," kata dia.

Pengiriman bantuan tersebut menggunakan dua pesawat C-130 milik RSAF (Angkatan Udara Singapura).

Sisanya, di tahap kedua, akan dikirimkan menggunakan Kapal Angkatan Laut Singapura (RSN) pada 11 Juli 2021 dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Singapura sebagai negara tetangga terdekat Indonesia akan terus mendukung dan membantu Indonesia dalam situasi sulit seperti saat ini," ucap Vivian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.