Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2021, 06:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat mengurangi mobilitas di luar rumah.

Apabila tak ada keperluan yang mendesak, warga diminta tinggal di rumah.

"Sekarang tolong bantu kami dengan cara kalau tidak ada kegiatan yang perlu tinggallah di rumah, supaya kita bisa mengurangi laju penularan (Covid-19) ini, melindungi diri kita sendiri tapi juga melindungi keluarga kita, tetangga kita dan seluruh rakyat Indonesia," ujar Budi dalam keterangan pers melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6/2021).

Budi menuturkan, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan signifikan.

Baca juga: Menkes: Insya Allah Akhir Tahun Ini 181,5 Juta Rakyat Indonesia Bisa Divaksin Covid-19 Paling Tidak Satu Kali

Menurutnya, pemerintah melakukan antisipasi dan penanganan dengan mempersiapkan rumah sakit (RS), obat-obatan, memvaksinasi tenaga kesehatan hingga melengkapi keperluan oksigen di RS.

Pemerintah juga mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

"Jumlah vaksin yang masuk di semester kedua tahun ini akan menjadi semakin banyak dan kita akan mempercepat program vaksinasi di Indonesia agar Insya Allah di akhir tahun 181,5 juta rakyat Indonesia sudah bisa divaksin at least 1 kali," ungkap Budi.

"Tetapi kita harus ingat bahwa vaksin ini tidak membuat kita 100 persen kebal seperti Superman terhadap Covid-19. Vaksin ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih tahan lebih cepat mengidentifikasi kalau kemasukan virus dan kita bisa lebih cepat merespons melawan virus tersebut," lanjutnya.

Dengan begitu, orang yang telah divaksin masih bisa tertular Covid-19.

Namun, yang tadinya penyakitnya berat akan menjadi ringan dan orang yang harusnya sakitnya ringan akan menjadi tanpa gejala atau asimptomatik.

Sementara itu, kondisi penularan Covid-19 di Tanah Air masih mengkhawatirkan.

Hal tersebut dapat dilihat dari penamban kasus harian yang meningkat selama beberapa hari terakhir.

Baca juga: Daftar RT Zona Merah Covid-19 di Jakarta Timur

Data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hingga Rabu (30/6/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan, ada penambahan 21.807 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Angka ini merupakan rekor penambahan kasus harian tertinggi sejak awal pandemi terjadi di Tanah Air.

Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.178.272 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.