Menlu Retno Marsudi Dapat Konfirmasi Rencana Inggris Beri Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Kompas.com - 29/06/2021, 20:18 WIB
Menlu Retno Marsudi saat konferensi pers virtual yang membahas penyelesaian konflik Israel-Palestina,Minggu (16/5/2021). Dok. Kemenlu Menlu Retno Marsudi saat konferensi pers virtual yang membahas penyelesaian konflik Israel-Palestina,Minggu (16/5/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Inggris Dominic Raab secara bilateral dalam rangkaian pertemuan dengan Menlu G20 di Italia.

Retno mengatakan, dalam pertemuan itu, mereka sempat membahas rencana Inggris memberi vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

"Menlu Inggris menyampaikan konfirmasi rencana Inggris untuk memberikan kontribusi vaksin kepada Indonesia," kata Retno melalui telekonferensi, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Menko PMK Minta Pengembang Vaksin Merah Putih Ciptakan Terobosan untuk Percepat Produksi

Namun, Retno mengaku masih akan membahas lebih lanjut mengenai jumlah dan waktu pengiriman vaksin tersebut.

Ia menuturkan, konfirmasi pemberian vaksin dari Inggris ini adalah kelanjutan dari komunikasi intensif yang dilakukan oleh Raab dalam beberapa kali.

"Termasuk komunikasi kami tanggal 10 Juni 2021," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Vaksin Sinovac Diizinkan Untuk Anak Usia 12-17 Tahun, Bagaimana dengan Vaksin Pfizer?

Selain itu, mereka membahas mengenai komitmen Inggris untuk lebih mengintensifkan interaksinya dengan ASEAN.

Retno dan Raab juga membahas persiapan pelaksanaan Climate Change Conference of the Parties (COP26) dalam pertemuan itu Inggris akan menjadi tuan rumah.

"Indonesia menekankan bahwa komitmen-komitmen yang telah diberikan sesuai Paris Agreement penting untuk diimplementasikan termasuk terkait mengenai ketersediaan adaptation fund," ucap dia.

Sementara itu, secara garis besar secara garis besar pertemuan para Menlu G20 membahas akan bagaimana negara-negara anggota G20 dapat melakukan koordinasi yang lebih terutama dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan global.

Baca juga: Menko PMK Sebut RI Tak Boleh Ketergantungan Vaksin Covid-19 Impor

Kemudian, bagaimana negara-negara bekerjasama dalam memajukan pembangunan berkelanjutan, menjaga agar multilateralisme dapat bekerja secara efektif dan membuat multilateralisme delivers.

Serta bagaimana negara G20 dapat mendukung Afrika, termasuk dalam menangani dampak Covid-19 dari sisi kesehatan maupun sosial ekonomi.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.